Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan

Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Fitri Mayasari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran The Power Of Two terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini dilakukan selama bulan Mei 2015 di SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Ajaran 2014/2015, dan kemudian sampel adalah kelas VIII-8 sebanyak 35 orang sebagai kelas eksperimen dan VIII-9 sebanyak 35 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes uraian. Data dianalisis menggunakan software SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan pengujian statistik dengan menggunakan uji independent sample t-test diperoleh thitung3.807 pada taraf signifikansi alfa dan df = 68 diperoleh nilai ttabel 1,6668 berarti thitung>ttabel. Berdasarkan keterangan di atas hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan Strategi Pembelajaran The Power Of Two terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan.

The purpose of this study was to determine the effect of the application of Learning Strategies The Power Of Two of the Learning Outcomes Biology Grade VIII SMP Negeri 5 Tarakan. This research was conducted during the month of May 2015 at SMP Negeri 5 Tarakan. This study used a quasi-experimental (quasi experimental) with a population of all eighth grade students of SMP Negeri 5 Tarakan School Year 2014/2015, and then the sample is class VIII-8 as many 35 people as class experiment and VIII-9 as many 35 people as the control classes. The sampling technique used purposive sampling and data collection techniques using the documentation, observation and test description. Data were analyzed using SPSS 16.0 for Windows. Based on statistical tests using independent sample t-test was obtained thitung3.921 test at significance level alfa and df = 68 means the values obtained ttabel 1.6668 thitung> ttabel. Based on the above it shows that there are significant implementation Learning Strategies The Power Of Two of the Learning Outcomes Biology Grade VIII SMP Negeri 5 Tarakan.

Detail Informasi