Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Terhadap Minat Dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Terhadap Minat Dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan

Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Terhadap Minat Dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Febi Rahmadina - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Terhadap Minat dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini dilakukan selama bulan April - Mei 2016 di SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Ajaran 2015/2016, dan sampel yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan lembar angket. Data dianalisis menggunakan software SPSS 20 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Terhadap Minat dan Pemahaman Konsep Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan, karena nilai thitung yang diperoleh pada Pemahaman Konsep sebesar 8,031 dan Minat Belajar sebesar 2,667. Pada taraf signifikansi 5%. Dan df 57 diperoleh nilai tabel distribusi t atau ttabel sebesar 2,000. Hal ini menunjukkan bahwa thitung>ttabel.

The purpose of this study is to determine the effect of Using Multimedia Interactive Learning towards students interest and understanding of Biology of eight graders at SMP Negeri 5 Tarakan. This research was conducted from April to May 2016 at SMP Negeri 5 Tarakan. The study was a quasi-experiment with eighth grade students of SMP Negeri 5 Tarakan School Year 2015-2016 as the population, and the sample are the student at class VIII-1 which were the experimental class and the student at class VIII-2 were the control class. The sampling technique was using purposive sampling and the data was collected through documentation, test and questionnaire sheet. The data then was analyzed using SPSS 20,00 for Windows. The results showed that there the use of Multimedia Interactive Learning influences students interest and understanding of VIII SMP Negeri 5 Tarakan, because the value of t test 8,031 and learning interest was 2,667. at the 5% of significance and the df 57 Biology of eight graders at on conceptual understanding was the value of ttabel was 2,000. This shows that tvalue> ttabel.

Detail Informasi