Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII Di SMP Negeri  2 Tarakan

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Eva Nur Fitriawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tarakan. Pengambilan data penelitian dilaksanakan sejak tanggal 1 April 2016 sampai 27 April 2106 di SMP Negeri 2 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 339 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga dipilih kelas VII-H sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa dan kelas VII-I sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 siswa. Analisis data menggunakan uji MANOVA dengan bantuan software SPSS 21 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari nilai nilai Fhitung yang diperoleh adalah 110,387 dengan nilai signifikansi 0,000. Nilai signifikansi tersebut < 0,05.


The research is aimed to know the influence of Problem Based Learning toward Conceptual Understanding and Scientific Attitude of VII graders of SMP Negeri 2 Tarakan. The data was collected from 1 to 27 April 2016 at SMP Negeri 2 Tarakan. This research was quasi experiment with nonequivalent control group design. The population were VII graders of SMP Negeri 2 Tarakan on 2015/2016 academic year with the total of 339 students. The sample was selected using purposive sampling, so that students of class VII-H were the control class with 32 students and students of class VII-I were the experiment class with 34 students. The data was analyzed using MANOVA test at SPSS 21 for Windows. The results show that Problem Based Learning influences Conceptual Understanding and Scientific Attitude of VII graders of SMP Negeri 2 Tarakan. It can be seen from the F value which was 110,387 with significant value 0,000. The significant value was lower than 0,05.

Detail Informasi