Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan

Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Eva Kasmira - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan metode survey. Sampel penelitian ini adalah 152 siswa yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menyebarkan kuesioner dan mengumpulkan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskripstif dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Tarakan termasuk dalam kategori sedang yaitu dengan nilai 58,55%. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar. Hal tersebut dibuktikan dari nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel yaitu 5,625 > 0,1645 yang menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 05 Tarakan. Selain itu, kontribusi kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 60,5% sedangkan 39,5% dipengaruhi oleh faktor lain.


This research was aimed to know the relationship between independent learning and learning achievement of seventh grader at SMP Negeri 5 Tarakan. This research was correlational research with survey method. The samples of this research were 152 students, slected by Cluster Random Sampling. Data in this research were obtained by giving questionnaire and collecting documentation. The data were analyzed by desciptive statistic and simple regression. The Result showed that independent learning of seventh graders at SMP Negeri 5 Tarakan was in the fair category that were 58.55%. The results of this research also showed that there was a positive and significant relationship between learning independence and learning achievement. It was proven by the result of t count that was greater than the t table that was 5,625 > 0,1645 it meant that Ho was rejected and Ha was accepted can could be concluded that there was relationship between independent learning and learning achievement of seventh grader at SMP Negeri 5 Tarakan. In addition, the contribution of independent learning to the learning achievemnt of students were 60.5% while 39.5% were influenced by other factors.

Detail Informasi