
Pengaruh Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Keanekaragaman Hayati Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Desy Imaniyati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif kelas X SMA Negeri 2 Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2016 di SMA Negeri 2 Tarakan. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Tarakan Tahun Ajaran 2016/2017, dan sampel yaitu kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan perposif sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan software SPSS 22.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif pada penerapan model Project Based Learning (PjBL) siswa kelas X SMA Negeri 2 Tarakan, karena nilai thitung yang diperoleh sebesar 2,086 untuk hasil belajar siswa lebih besar dari ttabel 1,671.
The objectivities of this study were to find out effect of Project Based Learning (PjBL) to the learning achievement in cognitive in grade X SMA Negeri 2 Tarakan in biodiversity system subject. This research was conducted during on Agustus 2016 in X SMA Negeri 2 Tarakan. This is quasi-experimental study (quasi experiment) and the population for this study was the students in all nine grade of X SMA Negeri 2 Tarakan in even semester 2016/2017, and the sample is from grade X MIA 4 as the control class and grade X MIA 3 as the experiment class. The sampling technique using perposif sampling and data collection techniques using observation and tests description. The data that had been obtained was analyzed by using SPSS 22.0 for Windows software. According to the results of data analysis it can be concluded that there was difference learning achievement in cognitive effect of Project Based Learning (PjBL) in grade X SMA Negeri 2 Tarakan in biodiversity system subject, because the tvalue is 2,086 for the learning achievement bigger than the ttable 1,671.