
Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Bartholo Meus Alik - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei - Juni di SMA Negeri 3 Tarakan. Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan populasi siswa kelas X dan sampel sebanyak 2 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpossive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes pilihan ganda dan lembar observasi. Berdasarkan pengujian statistik dengan menggunakan uji independent sample t-test diperoleh Thitung 2,312 pada taraf signifikansi alfa dan df = 58 diperoleh nilai Ttabel 1,671 berarti Thitung > Ttabel. Berdasarkan keterangan di atas hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Team Games Tournament terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Tarakan.
The purpose of this study was to determine the effect of the learning model Team Games Tournament on learning outcomes and student motivation. This study was conducted in May-June in SMA Negeri 3 Tarakan. This is a quasi-experimental study with a population of students of class X and a sample of 2 classes . Sampling using purposive sampling . Data collection technique used documentation , multiple-choice test and observation sheet . Based on statistical tests using independent sample t - test was obtained Thitung 2,312 test at significance level ? and df = 58 1,671 Ttabel mean values obtained Thitung > Ttabel . Based on the above it indicates that there are significant learning model application Team Games Tournament on learning outcomes and motivation of students of class X SMA Negeri 3 Tarakan .