Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan Media Gambar Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan Media Gambar Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan Media Gambar Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Asri Pare Sapan - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantuan media gambar terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini dilakukan selama bulan November 2015 di SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan tahun ajaran 2015/2016, dan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes uraian pemahaman konsep. Data dianalisis menggunakan bantuan software SPSS 22.0 for Windows dengan teknik analisis menggunakan uji independent sample test. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) berbantuan media gambar terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan, karena nilai thitung yang diperoleh sebesar 7,186 lebih besar dari ttabel 1,669 (7,186 ? 1,669).


The purpose of this study to determine the effect of cooperative learning model of Group Investigation (GI) aided the understanding of the concept of media image grade science students of SMP Negeri 5 Tarakan. This research was conducted during the month of November 2015 in SMP Negeri 5 Tarakan. This study is a quasi-experimental research with the entire population of eighth grade students of SMP Negeri 5 Tarakan cope 2015/2016 teachings, and a sample of two classes of grade VIII-4 as the experimental class and class VIII-3 as the control class. The sampling technique used purposive sampling and data collection techniques using documentation, observations, and tests description of understanding of the concept. Data were analyzed using SPSS 22.0 for Windows analysis technique using independent sample test test. Based on data analysis can be concluded that there are significant cooperative learning model of Group Investigation (GI) aided media images to the understanding of the concept of science class VIII SMP Negeri 5 Tarakan, because tcount obtained amounted to 7.186 greater than ttable 1.669 (7.186 ? 1,669).

Detail Informasi