Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Berbantuan Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Berbantuan Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Berbantuan Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Sartina - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ARIAS berbantuan Mind Mapping terhadap Pemahaman Konsep Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan populasi siswa kelas VIII dan sampel sebanyak 2 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Data di analisis menggunakan software SPSS 16.0 for Window. Teknik analisis data menggunakan uji T. Hasil analisis pengaruh model pembelajaran ARIAS berbantuan Mind Mapping terhadap pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ARIAS berbantuan Mind Mapping terhadap pemahaman konsep siswa ranah pengetahuan berdasarkan Tes Uraian (Pretest dan Posttest) nilai t hitung 3,742> t tabel 1,671. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran ARIAS berbantuan Mind Mapping terhadap Pemahaman Konsep Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan


The purpose of this study was to determine the effect ARIAS-assisted learning model of the Concept of Mind Mapping In Class VIII students of SMP Negeri 5 Tarakan. This study is a quasi experimental research with a class VIII student population and a sample of 2 classes. The sampling technique used purposive sampling. Data were analyzed using SPSS 16.0 for Window. Data were analyzed using T test analysis results ARIAS-assisted learning model for understanding the concept of Mind Mapping students. The results showed that there are significant learning model ARIAS aided Mind Mapping to the understanding of students' domain knowledge based on the concept of Test Description (pretest and posttest) t value 3.742> t table 1.671. Therefore, it can be concluded that the effect of ARIAS-assisted learning model of the Concept of Mind Mapping In Class VIII students of SMP Negeri 5 Tarakan

Detail Informasi