Analisis Permasalahan Pembelajaran Biologi Dalam Pelaksanaan KTSP Pada SMA Kelas X Di Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Permasalahan Pembelajaran Biologi Dalam Pelaksanaan KTSP Pada SMA Kelas X Di Tarakan

Analisis Permasalahan Pembelajaran Biologi Dalam Pelaksanaan KTSP Pada SMA Kelas X Di Tarakan

Pengarang : Nilawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi guru kelas X SMA di Tarakan dalam proses pembelajaran biologi pada pelaksanaan KTSP . Jenis penelitian ini adalah penelitian survey yang menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru biologi kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode angket dan metode wawancara. Data dianalisis secara deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata total permasalahan yang dihadapi guru kelas X SMA di Tarakan dalam proses pembelajaran biologi pada pelaksanaan KTSP dari tujuh faktor permasalahan adalah sebesar 36,67% dengan rincian sebagai berikut: 1) penjabaran kompetensi sebesar 25%, 2) alat dan bahan sebesar 44,44%, 3) sumber belajar sebesar 33,33%, 4) organisasi waktu sebesar 40%, 5) penggunaan metode pembelajaran sebesar 38,33%, 6) mengidentifikasi siswa sebesar 39,58%, 7) evaluasi sebesar 35,60%. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa permasalahan proses pembelajaran dalam pelaksanaan KTSP bagi guru kelas X SMA di Tarakan adalah 36,67% dan dapat dikategorikan permasalahan rendah.


The purpose of this study is to determine the problems faced by teachers in class X SMA biology Tarakan in the learning process on the implementation of the KTSP. This research is a survey research which uses a qualitative approach. The population in this study is a biology teacher in class X SMA. This study using purposive sampling. The methods used in data collection is questionnaire method and interview method. Data were analyzed descriptively percentage. Based on the survey results revealed that the average total problems faced by teachers in class X SMA biology Tarakan in the learning process on the implementation of the seven-factor KTSP problems amounted to 36.67%, with etails as follows: 1) elaboration of competence by 25%, 2) tools and materials 44.44%, 3) learning resources amounted to 33.33%, 4) organization time by 40%, 5) learning method amounted to 38.33%, 6) to identify students by 39.58%, 7) evaluation by 35.60%. Based on the analysis and discussion, it can be concluded that the problem of the learning process in the implementation of the curriculum for high school teachers in Tarakan class X was 36.67% and the problems can be categorized low.

Detail Informasi