Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Education Games “Biosmart” Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Untuk Kelas VIII SMP/MTs Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Education Games “Biosmart” Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Untuk Kelas VIII SMP/MTs Tarakan

Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Education Games “Biosmart” Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Untuk Kelas VIII SMP/MTs Tarakan

Pengarang : Nur Jumrachim - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik media animasi game education ”bioSMART” berbasis Macromedia Flash 8 pada materi sistem pencernaan makanan untuk kelas VIII SMP/MTs Tarakan dan menghasilkan produk media bioSMART yang layak, praktis dan efektif sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Media ini akan divalidasi oleh 3 orang validator yaitu validator ahli media, validator ahli materi dan ahli praktisi. Uji coba produk dilakukan di SMP Negeri 2 Tarakan pada kelas VIII-I sebanyak 30 siswa. Hasil validasi ahli media sebesar 85%, dengan kategori layak, ahli materi sebesar 82% dengan kategori layak, hasil angket respon guru sebesar 88% dengan kategori sangat menarik, observasi keterlaksanaan kegiatan guru dengan media sebesar 88% dengan katagori sangat baik, hasil observasi keterlaksanaan kegiatan siswa dengan media sebesar 87% dengan kategori sangat baik, hasil angket respon siswa uji coba lapangan utama sebesar 87% dengan katagori sangat menarik dan hasil belajar klasikal siswa sebesar 80% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media “bioSMART” layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.


This study aims to know the characteristics animation media education “bioSMART” game based on the material Macromedia Flash 8 digestive system to grade VIII SMP / MTs Tarakan and produce media Biosmart decent, practical and effective as a learning media. This research using ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation)model. Media will be scrutinizedby three people validator that media experts, material experts and practitioners. Product trials conducted at SMPN 2 Tarakan in class VIII-I there are 30 students. The results of expert validation media by 85%, with the category of decent, subject matter experts by 82% in the feasible category, the results of the questionnaire responses of teachers by 88% in the category of very interesting observation enforceability of teachers' activities with the media by 88% in the 3category very well, process observation’s activities of students with media by 87% in the category very well, the results of student questionnaire responses major field trials by 87% to the category of very interesting and classical learning outcomes of students by 80% in the category very well. Based on the results research, it can be concluded that the media “bioSMART” were feasible and effective for use as a media of learning in school.

Detail Informasi