Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Keseimbangan Lingkungan Untuk Siswa Kelas X MAN Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing  Pada Materi Keseimbangan Lingkungan Untuk Siswa Kelas X MAN Tarakan

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Keseimbangan Lingkungan Untuk Siswa Kelas X MAN Tarakan

Pengarang : Tri Rahayu - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian bertujuanu ntuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi keseimbangan lingkungan yang sesuai dengan karakteristik anak SMA dan menghasilkan produk perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing pada materi keseimbangan lingkungan yang berkualitas dari aspek kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari model Borg & Gall (2003) yang dibatasi sampai pada tahap ketujuh. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar pedoman wawancara guru, pedoman wawancara siswa, angket validasi ahli perangkat, angket respon guru, angket respon siswa, dan lembar observasi keterpakaian produk. Uji coba produk menggunakan siswa kelas X sebanyak 6 orang dan uji coba lapangan utama menggunakan siswa kelas X sebanyak 30 orang. Perangkat pembelajaran hasil pengembangan memiliki karakteristik sebagai berikut: perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing, dan modul berbasis inkuiri terbimbing. Kualitas perangkat pembelajaran diperoleh dari aspek kelayakan, kepraktisan dan keefektifan. Pada aspek kelayakan dari hasil validasi ahli perangkat pada silabus sebesar 81% dengan kategori layak, RPP sebesar 79% dengan kategori layak dan modul sebesar 75% dengan kategori layak. Pada aspek kepraktisan, angket respon guru pada silabus sebesar 93% dengan kategori sangat praktis, RPP sebesar 88% dengan kategori sangat praktis dan modul 87% dengan kategori sangat praktis dan angket observasi keterpakaian perangkat pembelajaran sebesar 87% dengan sangat praktis. Pada aspek keefektifan, hasil angket keefektifan respon siswa uji coba produk sebesar 65% dengan kategori efektif, dan angket keefektifan respon siswa uji coba pemakaian sebesar 87% dengan sangat efektif. Berdasarkan dari hasil tersebut dapat disimpulkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkualitas.


The aims of the study were to develop a product of guided inquiry Equipmentin environmental balance material based on the high school students characteristics and to know the quality a product of guided inquiry Equipment in environmental balance material which included valid, practice and effective. This study was Research and Development of Borg & Gall model (2003) and the study was limited to the seventh step. Instruments that were used in this study were interview sheet for the teacher, interview sheet for the student, questionaire of material validation, questionaire of Equipment validation, questionaire of teacher’s respond, questionaire of students’ respond, and observation sheet of product practical. Try out of the product was conducted by 6 students of X class and main field tryout was conducted by 30 students of X class. The characteristics of equipment were equipment was developed based on guided inquiry model, modul on guided inquiry model The quality of product based on the valid, practice and effective. For valid aspect, it was obtained by result of material and equipment on Syllabus 81% validator which meant category, RPP 79% validator which meant category and modul 75% which meant category. For practial aspect, of the result questionaire of teacher’ respond on syllabus 93% which meant very practical, RPP 88% which meant very practical, and modul 87 % which meant very the result of observation sheet of product practical was 87% which meant very practical. For effective aspect, the result of the result of questionaire of students’ respond in product tryout was 65% which meant, the result of questionaire of students’ respond in main testing tryout was 87% which meant very effective. It could be conclude that learning equipment biology that was developed was qualified.

Detail Informasi