
Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Mind Map Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tarakan
Pengarang : Linda Atiani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model PBL berbantu Mind Map terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tarakan. Penilitian ini dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 1 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara placementest. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-7 dan VII-10. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan lembar observasi. Analisis data menggunakan uji Anakova dan anava yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Penghitungan dibantu dengan program SPSS 22.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa: (1) Tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah, pengaruh PBL berbantu Mind Map lebih rendah 71,77 dari pembelajaran scientific, nilai gain pada pembelajaran scientific sebesar 30,96 dan nilai gain pada PBL berbantu Mind Map sebesar 25,24, (2) Terdapat pengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif, pengaruh PBL berbantu Mind Map lebih tinggi 84,39 dari pembelajaran scientific, nilai gain pada pembelajaran scientific sebesar 26,67 dan nilai gain pada PBL berbantu Mind Map sebesar 25,88, (3) Terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan yang signifikan, diperoleh nilai Fhitung sebesar 4,185 dengan signifikansi 0,045 (p < 0,05), (4) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar sikap spiritual yang signifikan, diperoleh nilai Fhitung sebesar 2,180 dengan signifikansi 0,145 (p ? 0,05), (5) Terdapat perbedaan hasil belajar sikap sosial yang signifikan, diperoleh nilai Fhitung sebesar 5,106 dengan signifikansi 0,028 (p < 0,05).
This research is aimed to find out The Effect of PBL assisted Mind Map Model Implementation on problem solving ability and result learn of 7 th Graders at SMP Negeri 1 Tarakan. The research was conducted in 1nd semester of 2015/2016. Type of this research is quasi experiment with Nonequivalent Control Group Design. The population is all class of 7th Graders at SMP Negeri 1 Tarakan.. Intake of sample conducted by placementest. Sample in this research is students in 7th-7 class and 7th-10 , student. Research instrument in the form of problem solving ability test and student result test. The data was collected by using documentation, test, and observation. Analysis of data using Anakova and anava test that has previously been done test of homogeneity and test for normality. Tally assisted by SPSS 22.0 for windows. The result of this research: (1) no effect has significant on problem solving abilities, the influence of PBL assisted Mind Map 71,77 lower than scientific learning, gain in scientific learning is 30,96 and in PBL assisted Mind Map is 25,24, (2) effect has significant on result learn, the influence of PBL assisted Mind Map 84,39 higher than scientific learning, gain in scientific learning is 26,67 and in PBL assisted Mind Map is 25,88, (3) differences in result learn significant psychomotor aspect, the value obtained Fvalue is 4,185 with significance 0,045 (p < 0,05), (4) differences in result learn significant spiritual attitudes, the value obtained Fvalue is 2,180 with significance 0,145 (p ? 0,05), (5) differences in result learn significant social attitudes, the value obtained Fvalue is 5,106 with significance 0,028 (p < 0,05).