
Perbandingan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Model Talking Stick Dengan Model Snowball Throwing Pada Siswa Kelas VIII SMPN 5 Tarakan
Pengarang : Ginalita Purba Damayanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi menggunakan model Talking Stick dengan model Snowball Throwing pada siswa kelas VIII SMPN 5 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober di SMPN 5 Tarakan. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu dengan populasi siswa kelas VIII SMPN 5 Tarakan dan sampel menggunakan 2 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Berdasarkan pengujian statistic dengan menggunakan uji Independent Sample t-test diperoleh t 0,054 pada taraf signifikan alfa dan df = 70 diperoleh nilai t tabel 1,671 berarti diperoleh t hitung lebih kecil dibandingkan ttabel. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar biologi menggunakan model Talking Stick dengan model Snowball Throwing
The research is aimed to contradiction biological study result using Talking Stick model with Snowball Throwing model of 8th Graders at SMPN 5 Tarakan. The research was conducted on month September to October at SMPN 5 Tarakan. This is quasi experimental research and 8th Graders at SMPN 5 Tarakan are the population and using two class as control. The sample was selected using purposive sampling technique. Based on statistic testing by using independent sample t-test it obtains tresult 0,054 on a significant grade and df = 70 obtain ttable = 1,671 mean obtains t result wich are lower than ttable. Based on result, was’t be found contradiction biological study result using Talking Stick model with Snowball Throwing model.