
Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Mind Mapping Dengan Concept Mapping Di Kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan
Pengarang : Isnani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dengan Concept Mapping di kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan dimana sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII-7 sebagai kelas eksperimen 1 dan VII-8 sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dan analisis data menggunakan software SPSS 22.0 For Windows. Hasil analisis menggunakan uji Independent sample t-test menunjukkan thitung (-0,447) pada taraf signifikansi 0,05 dan dk = 62 dengan t 2,000 berarti nilai t hitung < t tabel tabel (-0,447 < 2,000). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa antara model pembelajaran Mind Mapping dengan Concept Mapping di kelas VII SMP Negeri 4 Tarakan.
The study is aimed to find out difference on Achievment of Biology Between Mind Mapping with Concept Mapping Learning Model on Seventh Graders’ at SMP Negeri 4 Tarakan. The method of this study is quasi experiment. The population is this study is all seven graders while samples this study are two classes which are consisted of VII-7 as the first experimental class and VII-8 as the second experimental class. The samples are collected by purposive sampling and the data were analyzed using SPSS 22 for windows software. The result analyzed using Independent Sample t-test shows t (-0,447) on significant level 0,05 and the degree of freedom (df) is 62 within t (2,000) it means that tvalue (-0,447) is smaller than t (2,000). Based on the analysis of data it can be concluded that there is no tabel difference on achievement of biology between Mind Mapping with Concept Mapping Learning Model on Seventh Graders’ at SMP Negeri 4 Tarakan