Pengembangan Modul Pengayaan Materi Ekosistem Berbasis Potensi Lokal Untuk Kelas X SMA/MA Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Modul Pengayaan Materi Ekosistem Berbasis Potensi Lokal Untuk Kelas X SMA/MA Tarakan

Pengembangan Modul Pengayaan Materi Ekosistem Berbasis Potensi Lokal Untuk Kelas X SMA/MA Tarakan

Pengarang : Ardi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pengayaan berbasis potensi lokal pada materi ekosistem kelas X SMA/MA Tarakan yang tervalidasi layak. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg & Gall sampai dengan tahap ke tujuh yang meliputi, tahap penelitain dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi produk akhir. Data dianalisis melalui uji validasi. Pengujian dilakukan oleh validator ahli modul, ahli materi dan dua praktisi (guru biologi). Uji coba awal (skala kecil) dilakukan di dua sekolah yaitu SMA Negeri 3 Tarakan sebanyak dua belas siswa kelas XI IPA 4 dan SMA Muhammadiyah Tarakan sebanyak dua belas siswa kelas XI IPA1. Hasil validasi oleh ahli modul adalah 76% (layak), ahli materi 72% (layak), ahli praktisi guru biologi SMA Negeri 3 Tarakan 90% (sangat layak), ahli praktisi guru biologi SMA Muhammadiyah Tarakan 89% (sangat layak). Sedangkan hasil respon siswa di SMA Negeri 3 Tarakan dan SMA Muhammadiyah Tarakan masing-masing 67%, dan 65% (menarik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar modul pengayaan berbasis potensi lokal pada materi ekosistem yang dikembangkan telah tervalidasi dengan kriteria layak dan dapat digunkan digunakan di sekolah.

This study is aime to produce an erichment modules based on local potentialthat is validated for ecosystem topic for tenth graders at Tarakan. This study is a Research and Deveopment (R&D) using Borg & Gall model until seventh stage that consists of : research and gathering early information, planning, developing an initial product, preliminary trials, revision of the final product. Data were analyzed through the test of validity. Tests were conducted by the validator module experts, subject matter experts and two practitioners (biology teachers). Early trial (small scale) was carried out in two schools, namely SMA Negeri 3 Tarakan with twelve students of class XI IPA 4 and SMA Muhammadiyah Tarakan with twelve student of class XI IPA 1. The validation results from module expert was 76% (advisability), material expert was 72% (advisability), practitioners of high school biology teacher at SMA Negeri 3 Tarakan 90% (very advisability), practitioners of high school biology teacher at SMA Muhammadiyah Tarakan was 89% (very advisability). Meanwhile, responses of students at SMA Negeri 3 Tarakan and SMA Muhammadiyah Tarakan were respectively 67%, and 65% (interesting). It can be concluded that enrichment module based on local potential on ecosystem material was validated and ready to use at school.

Detail Informasi