Pengembangan Media Compact Disk (CD) Interaktif Materi Limbah Untuk Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Media Compact Disk (CD) Interaktif Materi Limbah Untuk Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Tarakan

Pengembangan Media Compact Disk (CD) Interaktif Materi Limbah Untuk Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah Tarakan

Pengarang : Auliya Sakhistiani Suwanto - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media CD interaktif yang dikembangan. Penelitian ini menggunakan model Borg & Gall sampai pada tahap ke tujuh. Produk divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli praktisi. Uji coba produk dilakukan sebanyak dua kali, yaitu uji coba lapangan awal yang melibatkan 10 siswa di kelas XI IPA-1 dan uji coba lapangan utama yang melibatkan 35 siswa di kelas X-1. Hasil perhitungan oleh ahli media mendapatkan persentase sebesar 69,12 % (layak), ahli materi, ahli praktisi, serta observer sangat layak yang masing-masing memperoleh persentase 91,25 %, 94,12 %, dan 83,33%. Respon siswa pada uji coba lapangan awal sebesar 88,25 % (sangat layak) dan uji coba lapangan utama sebesar 82,68 % (sangat layak). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media layak untuk digunakan sebagai salah satu pendukung pembelajaran di kelas X SMA Muhammadiyah Tarakan.

The study was aimed to measure the properness and students’ response on the developing interactive CD media. This study was based on Borg & Gall model until the seventh stage. The product was validated by media expert, material expert, and practitioner expert. The field test was conducted twice, namely initial trial with 10 students at class XI-IPA 1 and principal trial with 35 students at class X-1. The result showed that the percentage of media expert was 69,12 % (proper), while the material expert, the practitioner expert, and the observer gained very appropriate predicate with percentage as 91,25 %, 94,12 %, and 3,33 % respectively. Students’ response on the initial trial was 88,25 % (very appropriate) and on the principal field 82,68 % (very appropriate). It can be concluded that the interactive CD media was appropriate to be applied as one of a complement reference for tenth graders of SMA Muhammadiyah Tarakan.

Detail Informasi