Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Metakognitif Siswa SMA Negeri 1 Tanjung Selor | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Metakognitif Siswa SMA Negeri 1 Tanjung Selor

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Kemampuan Metakognitif Siswa SMA Negeri 1 Tanjung Selor

Pengarang : Lia Mawarni - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Peta Konsep terhadap hasil belajar biologi siswa. 2) Pengaruh Kemampuan Metakognitif siswa terhadap hasil belajar biologi. 3) Interaksi antara model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Peta Konsep dengan Kemampuan Metakognitif siswa terhadap hasil belajar biologi. Jenis penelitian menggunakan eksperimen semu dengan desain faktorial 2 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Selor. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 dan X IPA 3. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif meliputi rata-rata hitung, sedangkan Analisis inferensial menggunakan analisis variansi dua jalur. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa: 1) Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Peta Konsep berpengaruh terhadap hasil belajar pada aspek pengetahuan. 2) Kemampuan Metakognitif siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan. 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Peta Konsep dan Kemampuan Metakognitif belajar terhadap hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan.

The purposes of the research to find out: 1) The effect of Guided Inquiry Learning Model with the concept maps toward the learning result of biology students. 2) The effect of students’ metacognitive skills on biology learning result. 3) The intraction between Guided Inquiry Model and Concept Maps and Students’ metacognitive skills on biology learning result. Types of research uses quasi experiment with 2x2 factorial design. The population in the research is all of class in the SMA N 1 Tanjung Selor. Taking sample is done as Purposive Sampling. Sample in this research is class X IPA 1 and X IPA 3. Data collection is done by using a test, quistionnaire, observation sheets, and documentation. Techniques of data analysis use descriptive and inferential analysis. Descriptive analysis covering the arithmetic mean while Inferential analysis using variance analysis of two paths. Based on the result of the analysis, it can be concluded that: 1) Guided Inquiry Learning model with Concept Maps influential to the learning result in knowledge aspect. 2) Student’s Metacognitive Skills influential to the learning result in the aspect of knowledge. 3) There is no Intraction between Guided Inquiry learning model and Concept Maps and learning Metacognitive Skills do not affect the biology student’s learning result in the aspect of knowledge.

Detail Informasi