Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantu Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantu Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa  Kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantu Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Nurul Aidah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving berbantu mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan. Penelitian ini dilakukan selama bulan april dan mei 2015 di SMA Negeri 2 Tarakan. Peneliti ini menggunakan eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas. Sedangkan sampel atau wakil dari populasi yang diteliti dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Tehnik pengambilann sampel menggunakan purposive sampling dan tehnik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes uraian. Data dianalisis dengan menggunakan bantuan software SPSS 22 for windows. Berdasarkan pengujian statistik menggunakan uji Independent sample ttest diperoleh t 4.098 pada taraf signifikansi 0,05 dan dk= 72 diperoleh nilai ttabel hitung 1,66629 berarti thitung > ttabel untuk hasil belajar siswa ranah pengetahuan. Sedangkan, untuk ranah sikap siswa melalui uji Independent sample t-test diperoleh t hitung tabel 2.039 pada taraf signifikansi 0,05 dan dk = 72 diperoleh nilai ttabel 1.66629 berarti thitung > ttabel untuk ranah sikap siswa. Selanjutnya, untuk ranah keterampilan siswa melalui uji Independent sample t- diperoleh ttabel 3.111 pada taraf signifikansi 0,05 dan dk = 72 diperoleh nilai ttabel hitung 1.66629 berarti thitung > ttabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penerapan model pembelajaran problem solving berbantu mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tarakan.




The purpose this research was to determined the influence of problem solving assisted mind mapping learning model on learning outcomes of students grade XI in SMA Negeri 2 Tarakan. This research was conducted during April and May 2015 at SMAN 2 Tarakan. This research used a quasi experiment with population in this study were all students of class XI SMA Negeri 2 Tarakan academic year 2014/2015 which consisted of four classes. While the research sample or a representative of the population in this research were two classes they were class XI IPA 2 as an experimental class and class XI IPA 1 as the control class. The sampling techniques used purposive sampling and data collection techniques used the documentation, observation and test description. Data were analyzed using SPSS 22 for windows. Based on statistic testing using the Independent sample t-test which obtained that t 4098 at significance level of 0.05 and df = 72 the values obtained was tcount 1.66629 means that tcount > ttabel for student’s learning outcomes knowledge domain. Meanwhile, testing to domain of student’s attitudes through the Independent sample t-test which obtained that ttabel 2039 at significance level of 0.05 and df = 72 the values obtained was ttabel 1.66629 which means t to domain of attitudes. Furthermore, testing to domain of the student's skills through Independent sample t-test which obtained that tcount 3.111 at a significance level of 0.05 and df = 72 the values obtained was ttabel 1.66629 means tcount > ttabel . The results of this study indicate that there are differences in the application of problem solving assisted learning model mind mapping to the learning outcomes of students of class XI SMA Negeri 2 Tarakan.

Detail Informasi