
Perbedaan Antara Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square Dan Think Pair Share Pada Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Madrasyah Aliyah Negeri Tarakan
Pengarang : Adi Setiawan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan antara model pembelajaran kooperatif Think Pair Square dan Think Pair Share terhadap hasil belajar biologi Siswa Kelas X Madrasyah Aliyah Negeri Tarakan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan populasi seluruh siswa kelas X Madrasyah Aliyah Negeri 5 Tarakan Tahun Ajaran 2015/2016, dan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas MIA-1 sebagai kelas eksperimen satu dan kelas MIA-2 sebagai kelas eksperimen dua. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data di analisis menggunakan software SPSS 22 for windows. Hasil uji independent sample t-test terhadap model pembelajaran Think Pair Square dengan model pembelajaran Think Pair Share ditinjau dari hasil belajar biologi diperoleh thitung sebesar 4.023 pada taraf signifikansi = 0,05 dan dk = 70 diperoleh nilai ttabel 2,000 berarti nilai thitung >ttabel (4.023 > 2,000). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Think Pair Square dan model pembelajaran Think Pair Share.
The purpose of this study to determine the difference between a cooperative learning model Think Pair Square and Think Pair Share on learning outcomes biology Class X Madrasyah Aliyah Tarakan. The research is a quasi-experimental (quasi) the population of all students of class X Madrasyah Aliyah 5 Tarakan Academic Year 2015/2016, and a sample of two classes, namely class MIA-1 as an experimental class one and class MIA-2 as the experimental class two. The sampling technique used purposive sampling. Data were analyzed using SPSS 22 for windows. The test results independent sample t-test on the learning model Think Pair Square with learning model Think Pair Share in terms of learning outcomes obtained biology thitung 4023 at significance level = 0.05 and df = 70 2,000 ttabel mean values obtained tcount> ttabel ( 4,023> 2,000). Based on the results of data analysis can be concluded that there are differences in learning outcomes between the experimental class applied learning model Think Pair Square and the learning model Think Pair Share.