Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Sistem Ekskresi Di Kelas XI SMA Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Sistem Ekskresi Di Kelas XI SMA Kota Tarakan

Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Sistem Ekskresi Di Kelas XI SMA Kota Tarakan

Pengarang : A. Pratiwi Nurhidayah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan instrumen penilaian kognitif berbasis keterampilan proses sains yang berkualitas dan layak digunakan sebagai alat evaluasi pada Materi Ekskresi kelas XI SMA tepatnya Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D) desain Formative Evaluation. Subjek penelitian adalah kelas XI untuk uji lapangan, yaitu kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2. Analisis instrumen tes menggunakan uji validitas, reliabilitas, daya beda, tingkat kesukaran, dan pengecoh. Hasil Penelitian terdapat 25 butir soal berupa pilihan ganda yang dikembangkan pada draf awal. Langkah awal dalam pengembangan draf awal divalidasi oleh tim ahli. Hasil validasi ahli evaluasi sebesar 76% dalam kategori layak, ahli materi ekskresi menghasilkn validasi dalam kategori sangat layak (88%), praktisi guru 83% dalam kategori layak. Berdasarkan masukan dari tim ahli selanjutnya item pertanyaan yang redaksinya belum sesuai perlu diperbaiki dan hasilnya disusun menjadi draf II yang digunakan untuk ujicoba small group. Hasil ujicoba small group yaitu berupa respon siswa sebesar 85% efektif dan komentar yang sudah baik. Berdasarkan hasil ujicoba small group, instrumen diperbaiki dan disusun kembali menjadi draf III. Draf III diujikan pada responden dalam uji lapangan yang berjumlah 73 siswa. Hasil analisis program SPSS16 menunjukkan 20 butir pertanyaan dalam kategori valid, reliabilitasyaitu r11=0,681 ? rtabel=0,235, dalam kategori reliabel. Hasil analisis program AnatesV4 menunjukkan hasil rata-rata daya beda adalah 56% soal memiliki daya pembeda yang baik, tingkat kesukaran dengan 4% soal dengan kategori sukar dan 96% soal dalam kategori sedang, dan pengecoh menghasilkan 92% item soal yang efektif. Berdasarkan hasil analisis uji lapangan ini disusun produk akhir instrumen penilaian kognitif berbasis keterampilan proses sains.

The purpose of this study cognitive assessment instrument based science process skills of qualified and fit for use as an evaluation tool in accordance on Material excretion class XI SMA precisely Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. The type of the research methods used Research and Development (R&D) design Formative Evaluation. The subject of this research is students of class XI for field testing, the class XI MIA 1 and XI MIA 2. Analyed Instrumen test used validitaty, reliability, distinguisting power, level of difficulty, and detractors test. The result of this study there were 25 questions developed multiple- choice. The initial step in the development of the initial draft validated by a team of experts. The validation an evaluation of 76% with the category of worth, excretion material profesional produce validation test in wort category (88%), Practitioners teachers 83% with the category of worth. Based on input from a team of experts next item not appropriate wording of questions need to be improved and the results are compiled into a draft II used to test small group. The result of the trials Small Group that in the form of a respons students 85% is the effetive and comments are good. Based on the results of tests of a small group, the instrument repaired and reassembled into the third draft. Draft III was tested on respondents in field tests totaling 73 students. The results of SPSS16 program analysis showed 20 (80%) items in valid, and reliability is r11 = 0.681? rtabel = 0.235, in reliable category, the result of AnatesV4 program analysis showed distinguisting power an average of 56% have the power distinguishing the good, the difficulty with 4% about the category of difficult and 96% in the medium category, , and the destractor produce 92% items about effective. Based on the results of this field test analysis compiled the final product-based cognitive assessment instrument science process skills.

Detail Informasi