
Analisis Efektivitas dan Kontribusi Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Nunukan
Pengarang : Nurhalipah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) efektivitas penerimaan Pajak Reklame, (2) Kontribusi Pajak Reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Nunukan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah (1) Analisis Efektivitas (2) Analasis Kontribusi. Data yang diteliti adalah data realisasi penerimaan Pajak Reklame tahun 2011 sampai dengan tahun 2018, data target Pajak Reklame tahun 2011 sampai dengan tahun 2018, dan realisasi Pendapatan Asli Daerah tahun 2011 sampai dengan tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis efektivitas menunjukkan bahwa dengan melihat rata-rata penerimaan Pajak Reklame Kabupaten Nunukan yang kurang dari 100% atau rata-rata sebesar 16,12% hal ini menunjukan bahwa kinerja dalam pemungutan Pajak Reklame di Kabupaten Nunukan Tidak Efektif. Hasil analisi kontribusi menunjukkan bahwa dengan melihat rata-rata kontribusi Pajak Reklame Kabupaten Nunukan yang kurang dari 10% atau rata-rata sebesar 0,319% . hal ini disebabkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah tidak sebanding dengan penerimaan Pajak Reklame. Hal ini menunjukan bahwa jumlah sumbangan pajak terbesar bukan pada pajak reklame yang memberikan kontribusi yang cukup besar bagi Pendapatan Asli Daerah.
The purpose of this research was to know (1) the effectiveness of Advertisement tax revenues, (2) the contribution of Tax Revenue against the original Billboard in Nunukan Regency Area. The methods used in the study are (1) the analysis of the effectiveness (2) Analasis contributions. The data examined are data realizable tax revenues After the year 2011 to 2018, the target data to the tax year 2011 Billboard until the year 2018, and the realization of Genuine Income year 2011 Areas up to the year 2018. This research uses a quantitative approach. Based on the results of the analysis indicate that effectiveness by looking at an average of Nunukan Regency Billboard tax revenues that are less than 100% or an average of 16.12% this indicates that performance in the poll Tax Billboard in the County Nunukan Is Not Effective. The results of the analysis of the contributions showed that by looking at the average contribution of the Nunukan Regency Billboard Tax of less than 10% or an average of 0.319%. This is due to the receipt of the original Revenue Area is not comparable to Billboard tax revenues. This indicates that the amount of donations the largest tax is not a tax on advertising which contributes a sizable Income for the original region.