
Strategi Pemasaran Menggunakan Media Sosial Dengan Pendekatan AIDA pada UMKM di Kota Tarakan
Pengarang : Kristanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran menggunakan media sosial dengan pendekatan AIDA pada UMKM di Kota Tarakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 248 pelaku UMKM yang dibina oleh Rumah Kreatif BUMN Kota Tarakan. Analisis data menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan untuk menarik perhatian konsumen melalui media sosial pelaku UMKM banyak menjadi followers (pengikut) akun jual beli atau kuliner, menjadi followers (pengikut) di akun pengguna lain di media sosial dan memberi tag status baru ke akun jual beli atau kuliner. Untuk mempertahankan minat konsumen, pelaku UMKM memberikan informasi yang jelas tentang produk yang dipasarkan dan profil usaha yang dijalankan serta mengambil gambar produk dari berbagai sudut yang berbeda. Untuk mengubah minat menjadi keinginan, pelaku UMKM memberikan promo dan diskon khusus, memantau komentar, merespon dengan cepat dan memberikan catatan wall di media sosial dengan menggunakan gambar-gambar produk yang menarik secara teratur. Agar konsumen melakukan tindakan pembelian, pelaku UMKM memberikan pilihan pengiriman, memberitahu kepada konsumen bahwa produk yang dibeli sudah dikirim serta memberikan pilihan pembayaran. Strategi pemasaran menggunakan media sosial dengan pendekatan AIDA diterapkan pada UMKM di Kota Tarakan.
This study aims to determine marketing strategies using social media with the AIDA approach to UMKM in Tarakan City. This research uses a quantitative approach with a survey method. Samples were taken using purposive sampling technique. Samples were taken as many as 248 UMKM players fostered by the Tarakan City BUMN Creative House. Data analysis using descriptive statistical methods. The results showed that to attract consumer attention through social media, many UMKM actors became followers of buying and selling or culinary accounts, became followers on other user accounts on social media and gave new status tags to buying and selling or culinary accounts. To maintain consumer interest, UMKM players provide clear information about the products being marketed and the business profiles being run and take pictures of products from various different angles. To turn interests into desires, UMKM players provide special promos and discounts, monitor comments, respond quickly and provide wall notes on social media using attractive product images regularly. In order for consumers to take purchasing actions, UMKM players provide delivery options, notify consumers that the purchased product has been sent and provide payment options. The marketing strategy using social media with the AIDA approach is applied to UMKM in Tarakan City.