Komparasi Perhitungan Struktur Dalam Pemodelan Pembebanan Pelat Lantai Pada Perancangan Struktur Gedung Terminal Bandar Udara Juwata - Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Komparasi Perhitungan Struktur Dalam Pemodelan Pembebanan Pelat Lantai Pada Perancangan Struktur Gedung Terminal Bandar Udara  Juwata - Tarakan

Komparasi Perhitungan Struktur Dalam Pemodelan Pembebanan Pelat Lantai Pada Perancangan Struktur Gedung Terminal Bandar Udara Juwata - Tarakan

Pengarang : Amir Mili - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2011
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Gedung Terminal Bandara Udara Juwata Tarakan merupakan bangunan bertingkat tinggi yang digunakan sebagai gedung pelayanan penerbangan sisi darat, dalam perencanaan struktur, mekanika teknik dengan menggunakan alat bantu software analisis struktur, dalam proses perhitungan struktur penginputan beban layanan merupakan kunci utama dalam memperoleh hasil yang ideal. Dalam Tugas Akhir ini dibahas perencanaan dengan menggunakan struktur beton bertulang. Perencanaan yang dilakukan disini meliputi perencanaan pelat lantai, tangga, balok anak, balok induk ,kolom dan pondasi. Dalam perhitungan mekanika teknik dengan menggunakan alat bantu software analisis struktur Etabs V.9.0.7, dengan membandingkan hasil perhitungan mekanika teknik mengunakan penginputan beban plat metode amplop dengan penginputan beban surface pressure load pada element shell. Dari hasil perhitungan analisis diperoleh nilai output gaya dalam dimana nilai pembebanan metode amplop lebih besar jika dibandingkan dengan pembebanan surface pressure load, dengan nilai perbandingan gaya aksial (P) maksimum 24,81% dan minimum 0,81%; gaya geser maksimum (V) 30,29% dan minimum 3,74%; momen (M) maksimum 35,39% dan minimum 4,56%. Pemodelan analisis struktur yang akan digunakan dalam perencanaan struktur gedung terminal bandar udara Juwata adalah menggunakan hasil yang maksimum dari kedua metode tersebut. Perancanagan beton bertulang yang diperoleh dari hasil desain struktur adalah: untuk penulangan plat adalah 1,11% per m1 dengan ketebalan 0,12 m; untuk penulangan kolom 1,88% terhadap luasan penampang; untuk penulangan balok diperoleh 2,10% terhadap luasan penampang. Dengan mutu beton fc’= 30 MPa; mutu baja BJTD= 400 MPa, BJTP= 240 MPa tulangan wire mesh = 490 MPa.

Terminal airport building of Juwata Tarakan is one of a high-rise buildings that were used in one of aviation serviceability, designated by utilizing the available land area as possible as. Structure analyze easily had been done by any software . The most important thing in analysis process is considering the load factor to find the optimal result, surely according into each other codes. This paper were focused to discuss about reinforcement concrete analyse structure. Re design including concrete slab floors, stairs, joists, beam, columns and foundation structure. Structure analysis utilize analysis software Etabs structure V.9.0.7, thus the structure which self weight of reinforcement concrete slab were modeled in trapezoidal loads carried on 3D frame element by envelope methode. Another hand the structure were modeled in 3D frame element that combined by shell element to model the reinforcement concrete slab then to compare the results analysis. The property material were determined 30 MPa for concrete compressive strength (f’c), yielding stress 400 MPa for deformation and 240 MPa for undeformation rebar and 490 MPa for wire mesh. Analyze results shows the internal force of 3D frame elements model larger than 3D frame combined shell element below 0,81% - 24,81% for axial force, 3,74% - 30,29% for the shear force and 4,56% - 35,39% for its moment. Optimal model were used in this project found by the maximum result of the models. Reinforcement bar calculated correspondence below: for concrete slab above 1,11%/m1 with 0,12 m for its thickness, 1,11%/m1 for column into its cross section and 2,10%/m1for beam into its cross section.

Detail Informasi