
Analisis Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Standar Bina Marga
Pengarang : Amir Tang - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2011XML Detail Export Citation
Abstract
Perkerasan jalan merupakan upaya manusia untuk meningkatkan kenyamanan dalam penggunaan jalan. Berbagai macam pertimbangan pun dilakukan dalam memilih jenis perkerasan jalan, salah satunya adalah perkerasan lentur sebagai jenis perkerasan yang paling popular di masyarakat Indonesia. Sangat disayangkan, banyaknya kerusakan perkerasan jalan yang ditemui sehingga mengakibatkan tingkat pelayanan kenyamanan jalan menurun. Sebuah perencanaan bukanlah sebagai satu-satunya penyebab namun ketidakcermatan perhitungan akan berakibat fatal terhadap hal ini. adapun parameter-parameter yang diperlukan dalam sebuah desain tebal perkerasan lentur, seperti halnya Lalu Lintas Rencana (LER) dan Indeks Tebal Perkerasan. Dari hasil analisis tebal perkerasan menghasilkan surface course dengan ketebalan 5 cm, base course dengan ketebalan 15 cm dan subbase course dengan ketebalan 25 cm.
Pavement is a human attempt to improve comfort in the use of the road. Various considerations were made in selecting the type of pavement, one of which is a flexible pavement as the most popular type of pavement in indonesia society. Unfortunately, the number of road pavement damage encountered resulting in decreased levels of service road comfort. A plan is not the sole cause but calculation would be fail to it. As for the parameters required in a flexible pavement thickness design, as well traffic plan (LER) and pavement Thickness Index. From the analysis produces a thick pavement surface course with a thickness of 5 cm, with a thickness of base course and subbase course 15 cm with a thickness of 25 cm.