Studi Kapasitas Jalan Simpang Empat Bersinyal Menggunakan MKJI 1997 (Studi Kasus : Simpang Empat Jl. Yos Sudarso, Jl Gaja Mada, Jl Mulawarman Dan Jl Jend Sudirman Di Kota Tarakan) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Studi Kapasitas Jalan Simpang Empat Bersinyal Menggunakan MKJI 1997 (Studi Kasus : Simpang Empat Jl. Yos Sudarso, Jl Gaja Mada, Jl Mulawarman Dan Jl Jend Sudirman Di Kota Tarakan)

Studi Kapasitas Jalan Simpang Empat Bersinyal Menggunakan MKJI 1997 (Studi Kasus : Simpang Empat Jl. Yos Sudarso, Jl Gaja Mada, Jl Mulawarman Dan Jl Jend Sudirman Di Kota Tarakan)

Pengarang : Tanto Marjuki - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2013
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Volume lalu lintas Kota Tarakan mengalami peningkatan setiap tahunnya yang diakibatkan bertambahnya jumlah kepemilikan kendaraan. merupakan salah satu dampak dari pertumbuhan lalu lintas yang cukup tinggi. Dengan memperhatikan kondisi geometri jalan, volume arus lalu lintas, hambatan samping dan lingkungan simpang yang merupakan daerah komersil, maka dicoba untuk mengetahui Kapasitas menggunakan MKJI 1997. Penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan survei di lapangan untuk mendapatkan data primer maupun data sekunder yang kemudian akan diolah dengan menggunakan MKJI 1997. Perhitungan menggunakan acuan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 dan program Excel 2010 untuk mengolah data lalu lintas. Data lalu lintas diperoleh dari survei di lapangan yang dilakukan selama 3 hari (14, 15, 20 Mei 2013) pada jam-jam sibuk dan disajikan dalam bentuk tabel, data kendaraan dan kemudian lalu lintas simpang dapat dianalisis. Untuk simpang bersinyal dipakai USIG-1 - USIG-5. Dari hasil analisis yang digunakan pada hari Selasa, 14 mei 2013 yang Mewakili, periode waktu yaitu 07.00-07.15, dapat disimpulkan bahwa pada simpang bersinyal Data-data yang diperoleh dari lokasi pengamatan dianalisa dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia( MKJI ) 1997 untuk simpang bersinyal. Berdasarkan analisis pada pagi diperoleh DS = 0,515, siang hari DS = 0,540, dan pada sore hari DS = 0,525 nilai Total DS > 0,75. Walaupun DS yang di hasilkan pada simpang tersebut jauh lebih kecil yang di sarankan oleh MKJI 1997, perlu dilakukan pengaturan kembali sinyal pada waktu sibuk dan perbaikan geometric pada simpang.

The traffic volume in Tarakan City is increasing every years that cause by increasing vehicles owner. It is one cause of traffic increase highly. By looking geometric of street condition, traffic volume, obstacle hindrance and deviation environment in commercil area, therefore we try to know capacity by using MKJI 1997. The research has be done by field survey to get primary data and secondary data that have be managed by using MKJI 1997. The analyze of this research by using Indonesian road capacity Manual (MKJI) 1997 and software Excel 2010 program to process the data. The traffic's data got from surveyed in the area during 3 days (May, 14, 15, 20' 2013) in busy time and presented in tables form, vehicles data and then traffic intersection can be analyze. For signalized intersection used USIG-I and USIG-5. Based on analyzing result that is used on tuesday, May 14' 2013 subsitute, time period 07.00 -07.15, can be conclude the signalized intersection, the data got from research location that used Indonesian road capacity Manual (MKJI 1997). Based on analyzed in morning got Ds = 0,515, Afternoon Ds = 0,540 and Evening Ds = 0,525, The total score Ds > 0,75. mean while the Ds result of signalized intersection is smaller than MKJI 1997. Important to resetting the sign in busy time and geometric improvements of intersection.

Detail Informasi