
Kajian Pengembangan Runway, Taxiway Dan Apron Bandar Udara Nunukan
Pengarang : Nugroho Danu Triatmojo - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Pemerintah Kabupaten Nunukan melalui Dinas Perhubungan Bandara Nunukan juga menggarap pengembangan runway atau landasan pacu. Bandara Nunukan mendesak dilaksanakan, karena saat ini baru memiliki panjang runway 1100 m sehingga belum memenuhi untuk digunakan oleh pesawat berjenis ATR 72 atau Boeing. Sehubungan dengan hal tersebut, menjadi pertimbangan untuk melakukan pengembangan runway, taxiway dan apron Bandar Udara Nunukan. Hal ini yang menjadi dasar penulis untuk melakukan penelitian tentang pengembangan runway, taxiway dan apron Bandara Udara Nunukan. Adanya kebutuhan transportasi yang cepat berdampak meningkatnya jumblah penumpang dan data di Bandara Nunukan. Prediksi 20 tahun kedepan menunjukan peningkatan penumpang berangkat dan datang yang sangat signifikan. Dari penelitian ini, menunjukan besar pertumbuhan volume penumpang berangkat dan datang menjadi factor yang berpengaruh dalam pengembangan sisi udara Bandara Nunukan. Kebutuhan panjang runway, taxiway dan apron di Bandar Udara Nunukan diketahui Panjang landasan pacu yang dibutuhkan untuk pesawat rencana ATR 72-500 adalah 1500m dengan Lebar landasan pacu yang dibutuhkan adalah 30 m, Lebar taxiway yang dibutuhkan adalah 15 m, Luas apron yang dibutuhkan adalah 270 x 68 =18.428 m²
Nunukan regency government through Transportation Department Nunukan Airport working on runway and race base development. Nunukan Airport urged to be done because only have 1100 m distance runway at this moment so it was not suitable for airplane ATR72 or Boeing. In that case it will be consider to develop runway, taxiway and apron for Nunukan Airport. This case become reason the writer make a research about runway, taxiway and apron development of Nunukan Airport. Transportation need increase cause number of passenger and data of Nunukan Airport also increased. This cam be predited 20 years ahead shows that number of departure and arrival increase significantly. In this research, shows that the volume of departure and arrival grow become factor on Nunukan Airport development. Prolongation of runway, taxiway and apron known for race base airplane ATR 72-500 about 1500 m and widht 30 m, taxiway widht 15 m, large apron about 270 x 68 = 18.428m².