
Evaluasi Jenis Dan Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Metode Bina Marga Sekatak Buji Malinau Kalimantan Utara
Pengarang : Muhammad Ifan Tri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Prasarana jalan jika terbebani oleh volume lalu lintas yang tinggi dan berulang-ulang akan menyebabkan terjadinya penurunan kualitas jalan sehingga dapat mempengaruhi keamanan, kenyamanan, dan kelancaran dalam berlalu lintas. Untuk menjaga agar tidak terjadi penurunan kondisi khususnya pada ruas Jalan Poros Kalimantan Utara Sekatak Buji - Malinau. Maka perlu dilakukan penelitian awal terhadap kondisi permukaan jalan dengan melakukan survei secara visual dengan cara menganalisa kerusakan berdasarkan jenis dan tingkat kerusakannya. Penelitian ini menggunakan sistem penilaian kondisi perkerasan menurut Bina Marga. Dari hasil penelitian diperoleh jenis dan tingkat kerusakan permukaan jalan, seperti retak 0,68%; amblas 0,022%; lubang 0,20%; Sungkur 0,18%; dan Kekasaran permukaan 4,90%. Dari 40 Nomor STA Jalan pada ruas Jalan Poros Kalimantan Utara Sekatak Buji – Malinau, jenis kerusakan yang ditemukan adalah retak – retak dengan interval luas kerusakan sebesar 0,07m2 hingga 397,91m2 untuk kerusakan sungkur dengan interval luas kerusakan 1,9m2 hingga 102,3m2, untuk kerusakan lubang dengan interval luas kerusakan sebesar 0,25 m2 hingga 62,64 m2, dan untuk jenis kerusakan kekasaran permukaan dengan interval luas kerusakan 1200 m2 hingga 2400 m2 serta untuk jenis kerusakan amblas dengan interval luas kerusakan 10,98m2 hingga 16,02m2
Road infrastructure road if burdened by high traffic volume and repeatedly will cause a decline in the quality of the road so that it can affect the safety, comfort, and smoothness in traffic. To guard against deterioration, especially on axis road Sekatak Buji – Malinau North Kalimantan. It is necessary to a preliminary study of the condition of the road surface by conditions visual surveys by analyzing the breakdown by type of handling in according with road surface conditions. This research use research system pavement conditions by Bina Marga. The result obtained by the type and level of damage to the road surface such as Crack 0,68%; Depression 0,022%; Potholes 0,20%; Shoving 0,18%; surface roughness 4,90%. For 40 STA number, as for the type of damage that is found in axis road Sekatak Buji – Malinau North Kalimantan is cracked with extensive damage interval of a 0,07m2 to 397,91 m2 as well as to damage the shoving with wide intervals damage amounting to 1,9 m2 to 102,3 m2, and well as to damage the potholes with wide interval damage amounting to 0,25 m2 to 62,64 m2, for damage surface roughness with wide intervals damage 1200 m2 to 2400 m2, and well as to damage depression with wide intervals damage 10,98 m2 to 16,02 m2.