
The Profile Of English National Examination Results Of Junior High Schools In Nunukan
Pengarang : Rina Yolanda - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil hasil ujian Nasional bahasa inggris siswa sekolah menengah pertama di kabupaten Nunukan dan mencari tau apakah ada perbedaan yang signifikan pada ujian bahasa inggris siswa sekolah menengah pertama dikabupaten nunukan ditinjau dari status sekolah, akreditasi sekolah, pencapian siswa dan jenis kelamin. Penelitian ini menggunakan metode causal komperativ dan menggunakan sampel total sampling teknik. Peneliti mengambil data seluruh siswa yang berjumlah 2975 dari 52 sekolah. Data diambil dari hasil ujian Nasional Bahasa Inggris di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Kabupaten Nunukan pada tahun akademik 2018/2019. Peneliti menganalisis data menggunakan prosedur Statistik deskriptif dan prosedur statistik inferensial, dalam hal ini menggunakan uji Mann Whitney Test dan Kruskall Test. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) siswa di sekolah negeri lebih baik dari pada siswa di sekolah swasta (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara sekolah yang berakreditasi A,B,C dan yang tidak terakreditasi dengan urutan hasil tertinggi yaitu sekolah akreditasi A , sekolah akreditasi C, sekolah yang tidak terakreditasi dan sekolah Akreditasi B (3) Nilai bahasa inggris memberikan pengaruh terhadap nilai ujian nasional (NUN) (4) nilai bahasa inggris siswa perempuan lebih baik daripada siswa laki laki.
The study aimed to describe the profile of the National English test results for junior high schools students in Nunukan Regency and to find out whether there were result differences based on schools status, schools accreditation, students’ achievement and gender. This study used a comparative causal method and a total sampling technique. A total sample of 2975 students were taken from 52 schools. The results of the test was taken from the Education and Culture Office in Nunukan Regency in the 2018/2019 academic year. The data was Analyzed descriptively and inferentially using Mann Whitney Test and Kruskall Test . the analysis result show that (1) students from public schools were better than students from private schools; (2) there were significant differences in the test results between schools with accreditation A, B, C, and those without accreditation, with the following highest order of results; schools with accreditation A, Schools with accreditation C, Schools without accreditation and schools with accreditation B; (3) English score had an effect on the national exam score (NUN); (4) Female students’ had better English score than male students.