Pengembangan Majalah Sains Sebagai Sumber Belajar Mandiri Bagi Siswa SMA/MA Berdasarkan Studi Keanekaragaman Vegetasi Pohon Di Kawasan Hutan Desa Tanah Kuning | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Majalah Sains Sebagai Sumber Belajar Mandiri Bagi Siswa SMA/MA Berdasarkan Studi Keanekaragaman Vegetasi Pohon Di Kawasan Hutan Desa Tanah Kuning

Pengembangan Majalah Sains Sebagai Sumber Belajar Mandiri Bagi Siswa SMA/MA Berdasarkan Studi Keanekaragaman Vegetasi Pohon Di Kawasan Hutan Desa Tanah Kuning

Pengarang : Mega Novita - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman vegetasi pohon yang terdapat di kawasan Hutan Desa Tanah Kuning serta potensi implementasinya dalam pengembangan majalah sains sebagai sumber belajar siswa SMA/MA. Metode penelitian yang digunakan sebagai berikut: 1. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall (2003). 2. Pengambilan sampel vegetasi pohon menggunakan metode transek jalur berpetak dengan total 60 plot dan 240 petak contoh. 3. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara purposive sampling. 4. Subjek uji coba produk terdiri dari 9 orang siswa kelas XI-MIPA SMA Negeri 1 Tanjung Palas Timur. 5. Instrumen pengumpulan data berupa angket validasi ahli dan angket respon guru dan siswa. 6. Data yang dihasilkan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil dari penelitian ini, pertama vegetasi pohon yang teramati di kawasan hutan Desa Tanah Kuning terdiri dari 36 jenis vegetasi pohon dengan indeks keanekaragaman jenis (H’) sebesar 2,193 (keanekaragaman dikategorikan sedang). Uji validitas produk majalah sains oleh validator materi mendapatkan persentase sebesar 84,62% (kategori sangat layak). Uji validitas oleh validator media mendapatkan persentase sebesar 88% (kategori sangat layak). Uji respon guru terhadap produk majalah sains mendapatkan respon positif dengan persentase angket respon sebesar 74,78% (kategori menarik), sedangkan uji respon siswa mendapatkan persentase angket respon rata-rata sebesar 86,67% (kategori sangat menarik). Hasil penelitian menunjukkan bahwa majalah sains yang dikembangkan sangat layak dan sangat menarik untuk digunakan dalam pembelajaran biologi.

This study aimed to determine the diversity of tree vegetation in the Desa Tanah Kuning forest area and its potential implementation in the development of science magazines as a learning resource for SMA/MA students. This was a Research and Development (R&D) study with the development model of Borg & Gall (2003). Sampling of tree vegetation used transect path plots with a total of 60 plots and 240 sample plots. Determination of the research location was done by purposive sampling. The product trial subjects consisted of 9 students of class XI-MIPA at SMA Negeri 1 Tanjung Palas Timur. The data collection instrument were in the form of expert validation questionnaires and teacher and student response questionnaires. The collected data was in the form of quantitative and qualitative data. The result showed that, first, the tree vegetation of served in the forest area of Desa Tanah Kuning consisted of 36 types with a species diversity index (H’) of 2,193 (diversity categorized as moderate). The validity test of science magazine products by the material validator got a percentage of 84,62% (very feasible category). The validity test by the media validator got a percentage of 88% (very feasible category). The teacher response test to science magazine products received of a positive response with a questionnaire response percentage of 74,78% (interesting category), while the student response test got an average questionnaire response percentage of 86,67% (very interesting category). The results showed that the science magazine developed was very feasible and very interesting to use in learning biology.

Detail Informasi