
The Profile Of English National Examination Result Of Junior High School In Malinau
Pengarang : Natalia Trisnawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil Ujian Nasional Bahasa Inggris siswa Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Malinau dan mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan padaUjian Nasional BahasaInggris siswa Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Malinau dengan mempertimbangkan status sekolah, akreditasi sekolah, prestasi siswa dan jenis kelamin. Data penelitian ini diambil dari hasil ujian nasional seluruh siswa SMP di Kabupaten Malinau pada tahun 2019 di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Malinau. Sampel penelitian berjumlah 1352 siswa dari 35 Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Malinau. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain penelitian dari penelitian ini adalah penelitian Causal Comparative. Peneliti menggunkaan uji Mann Whitney U test danKruskal Wallis H test untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, ditemukan bahwa (1) sekolah negeri memiliki hasil ujian nasional Bahasa Inggris lebih baik dari pada sekolah swasta, (2) sekolah yang tidak terakreditasi memiliki hasil ujian nasional Bahasa Inggris yang lebih baik dari pada akreditasi C, B dan A, (3) siswa perempuan memiliki nilai ujian nasional Bahasa Inggris lebih baik dari pada siswa laki-laki (4) pencapaian siswa pada hasil ujian nasional Bahasa Inggris termasuk dalam kategori kurang. Dapat disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan yang sigifikan pada hasil ujian nasional Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama di Malinau dengan mempertimbangkan status sekolah, akreditasi sekolah, jenis kelamin dan prestasi siswa.
This study aimed to describe the profile of the English National Examination for Junior High School students in Malinau Regency and to find out whether there were significant differences in the national exam based school status, school accreditation, student achievement and gender. Data of the national exam was taken from the Education and Culture Office of Malinau Regency in 2019. The research sample consisted of 1352 students from 35 junior high schools in Malinau Regency. This Causal Comparative research used quantitative methods. The Mann Whitney U test and Kruskal Wallis H test were used to analyze the data. It was found that (1) public schools had better national English test results than private schools, (2) non-accredited schools had better results than schools with A. B, and C accreditation, (3) female students had better English national exam scores than male students, (4) the students' achievement on of the examination was in the poor category. It can be concluded that, there were significant differences in the result of the examination based on school status, school accreditation, gender and student achievement.