Studi Sistem Jaringan Drainase Pada Landasan Pacu Bandar Udara Juwata Tarakan Menggunakan Annual Maximum Series | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Studi Sistem Jaringan Drainase Pada Landasan Pacu Bandar Udara Juwata Tarakan Menggunakan Annual Maximum Series

Studi Sistem Jaringan Drainase Pada Landasan Pacu Bandar Udara Juwata Tarakan Menggunakan Annual Maximum Series

Pengarang : Dwy Achmad Santoso - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Drainase pada Bandar Udara Juwata Tarakan merupakan fasilitas yang harus aman dari resiko genangan, terutama pada drainase landasan pacu Bandar Udara Juwata Tarakan memiliki peranan penting dalam pengendalian banjir, jika di area landasan pacu pesawat terdapat genangan air, sangat berhimbas pada laju pesawat saat landing atau saat take off, dan dapat menyebabkan pesawat tergelincir. Dalam penelitian ini, menggunakan metode analisa frekuensi dan hidrolika serta teknik lainnya, analisa hidrologi dilakukan unuk mendapatkan debit rencana (Qr). Perkiraan hujan rencana dilakukan dengan analisa frekuensi terhadap data curah hujan dengan kala ulang 10 tahun menggunakan Metode Log Normal. Perhitungan intensitas (I) hujan ditinjau dengan menggunakan rumus Mononobe. Debit rencana (Qr) dihitung menggunakan metode rasional. Untuk menghitung debit kapasitas (Qkaps) dari saluran dilakukan analisa hidrolika dengan rumus Manning. Dari debit rencana dapat diketahui debit kapasitas dari setiap saluran dalam menampung debit rencana. Berdasarkan hasil analisa perhitungan data curah hujan dengan kala ulang 10 tahun sebesar 119.90 mm, (I) sebesar 8.767 mm/jam, (Qr) sebesar 0.1783 m3/dtk. Hasil saluran dimensi eksisting diperoleh (Qr) = 0.1783 m3/dtk, (v) = 0.407 m/dtk, dengan penampang saluran trapesium di mana (h) = 0.50 m, dan (W) = 0.17 m. Hasil saluran dimensi rencana diperoleh dari (Qr) = 0.1783 m3/dtk, dengan penampang saluran trapesium di mana (h) = 0.42 m, dan (W) = 0.46 m.




Drainage at the Juwata Tarakan airport is a facility that should be safe from the risk of standing water, especially on drainage Juwata Tarakan airport runways has an important role in flood control, if in the area of runway there is a standing water, a great effect on the rate of the aircraft during landing or when take off can cause slipping. On this research,calculation of rainfall are using frequency analysis and hydraulics, hydraulics analysis are used for obtain a plan flow (Qs). Estimated rainfall frequency analysis plan to do with the rainfall data with 10-year return period using Log Normal Method. The calculation of the intensity (I) of rain is reviewed using the formula Mononobe, Debit scheme (Qr) is calculate using a rational method. To calculate the discharge capacity (Qkaps) on channel hydraulics analysis with Manning formula. Of discharge plans can be known discharge capacity of each channel to accommodate the discharge plan. Based on analysis of rainfall data calculation with 10-year return period amounted to 119.90 mm, (I) of 8767 mm / h, (Qr) of 0.1783 m3 / sec. The results obtained by existing channel dimensions (Qr) = 0.1783 m3 / sec, (v) = 0407 m / sec, with a cross section where the trapezoidal channel (h) = 0:50 m, and (W) = 12:17 m. The results obtained from the plan dimensions of the channel (Qr) = 0.1783 m3 / sec, with a cross section where the trapezoidal channel (h) = 0:42 m, and (W) = 12:46 m.

Detail Informasi