Mengembangkan Sikap Kerjasama Dan Percaya Diri Dengan Menggunakan Model Team Games Tournament Pada Materi Himpunan Di Kelas VII-1 SMP Negeri 8 Tarakan
Pengarang : Mega Putri Oktaviani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sikap kerjasama dan percaya diri siswa dengan menggunakan model team games tournament pada materi himpunan di kelas VII-1 SMP Negeri 8 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober – 23 Oktober 2014 di SMP Negeri 8 Tarakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 8 Tarakan yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan penilaian diri. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa sikap kerjasama pada siklus I adalah 54% siswa berada pada minimal kategori baik dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 81% siswa berada pada minimal kategori baik. Sedangkan sikap percaya diri pada siklus I adalah 49% siswa berada pada minimal kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 78% siswa berada pada minimal kategori baik. Berdasarkan hasil peneltian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model team games tournament dapat mengembangkan sikap kerjasama dan percaya diri siswa pada materi himpunan di kelas VII-1 SMP Negeri 8 Tarakan.
Kata kunci : kerjasama, percaya diri, team games tournament.
The purpose of this research is to develop the students’ cooperation attitude and confidence by Team Games Tournament model on class VII-1 SMP Negeri 8 Tarakan.
The design of this research is Classroom Action Research (CAR). This research was conducted on October, 13th until 23rd 2014 in SMP Negeri 8 Tarakan. The subject of the research is the students of seventh VII-1 grade in SMP Negeri 8 Tarakan, there are 19 male students and 18 female students . The technique of collecting the data use observation sheet and self-assessment. This Class Action Research (CAR) was conducted in two cycles and each cyrcles has three meetings.
The result of this research showed that the percentage of success indicator for the students’ cooperation attitude on the first cyrcles was 54 percent and second cycles was 81 percent. Then, the percentage of success indicator for the students’ confidence on the first cyrcles is 49 percent and second circle was 78 percent. This the Researcher will concluded that Team Games Tournament model can develop the students’ cooperation attitude and confidence on seventh VII-1 grade students in SMP Negeri 8 Tarakan.
Key Words : Cooperation, confidence, Team Games Tournament.
Tidak Tersedia Deskripsi