
Perbandingan Kekuatan Campuran Laston AC-WC Akibat Rendaman Air Laut Dan Air Tawar Menggunakan Agregat Tawau
Pengarang : Robby Gunawan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Jalan sebagai sarana transportasi sangat penting bagi kegiatan distribusi barang dan jasa dimasyarakat, maka perlu adanya perhatian terhadap kualitas dan penyebab kerusakan konstruksi perkerasan jalan, terutama untuk daerah sekitar pantai yang sering tergenang oleh air laut ketika banjir dan limpasan air laut ketika angin kencang serta air yang tergenang saat musim hujan. Hal ini dapat mempercepat proses kerusakan pada perkerasan jalan terutama untuk lapis aus (AC-WC). Berdasarkan masalah tersebut perlu dilakukan penelitian terhadap lapis aus (AC-WC) untuk menganalisis pengaruh stabilitas dan durabilitas akibat rendaman air laut maupun rendaman air tawar. Penelitian ini mengikuti standar Bina Marga dan data diperoleh dari metode eksperimental yang dilakukan di laboratorium, dimulai dari proses persiapan alat, persiapan bahan, pengujian sifat fisik bahan, penentuan Kadar Aspal Optimum (KAO) melalui pengujian Marshall, pengujian Marshall dengan Kadar Aspal Optimum (KAO) serta menentukan nilai Indeks Kekuatan Sisa (IKS) dari pengujian perendaman Marshall standar dan perndaman Marshall modifikasi selama 3, 7 dan 14 hari perendaman. Dari pengujian Marshall diperoleh Kadar Aspal Optimum (KAO) 6,75 %. Untuk pengujian Marshall standar nilai stabilitas yang diperoleh adalah 918,63 kg untuk air tawar dan 775,22 kg untuk air laut, sedangkan Nilai Indeks Kekuatan Sisa (IKS) adalah 72,7% untuk air tawar dan 65,4% untuk air laut. Untuk perendaman Marshall modifikasi diperoleh Indeks Kekuatan Sisa untuk air tawar sebesar 82,5% selama 3 hari, 56,5% selama 7 hari, 35,6% selama 14 hari dan untuk air laut 75,7% selam 3 hari, 46,1% selama 7 hari, 30,0% selama 14 hari. Dari hasil tersebut perendaman air laut lebih berpengaruh terhadap penurunan nilai stabilitas dan durabilitas lapis aspal beton AC-WC.
Roads as a means of transportation is very important for distribution of things and services activity in the society, so need attention for the quality and cause damage of hardening the rood construction, especially around the beach area often inundated by sea water flood and waves when the wind also the immersionin in the rainy season. It can accelerate the process of pavement damages especially to surface layer (AC-WC). Based on the problem above, it needs to do research of surface layer (AC-WC) to analyze the effect of stability and durability trough sea water and fresh water immersion.This research follows the Bina Marga standart and the data was obtained from experimental method that conducted in laboratory, start from the preparation of tools, materials preparation, test the physical of material, determination the of Optimum Asphalt Content (OAC) troughg Marshall test, test of Marshall with Optimum Asphalt Content (OAC) and determining the value of Index Retained Strength (IRS) from test of standart Marshall immersion and modification Marshall immersion for 3, 7 and 14 days immersion. From the Marshall test was obtained Optimum Asphalt Content (OAC) 6,75%. For the standard Marshall test stability value obtained was 918,63 kg for fresh water and 775,22 kg for sea water, however the Value of Index Retained Strength (IKS) 72,7% for fresh water and 65,4% for sea water. For the Marshall immersion modification obtained the Index Retained Strength (IRS) for fresh water 82,5% during 3 days, 56,5% during 7 days, 35,6% during 14 days and for sea water 75,7% during 3 days, 46,1 % during 7 days, 30,0% during 14 days. From the result above the sea water immersion more effect to decrease the stability and durability value of asphalt concrete AC-WC.