Analisis Pemodelan Tarikan Pergerakan Pengunjung Pasar Tenguyun Di Kota Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Pemodelan Tarikan Pergerakan Pengunjung Pasar Tenguyun Di Kota Tarakan

Analisis Pemodelan Tarikan Pergerakan Pengunjung Pasar Tenguyun Di Kota Tarakan

Pengarang : Aswaldi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Pusat perbelanjaan merupakan salah satu jenis tata guna lahan yang mempunyai daya tarik cukup besar bagi masyarakat, karena erat kaitannya dengan proses pemenuhan kebutuhan harian. Pasar Tenguyun Kota Tarakan adalah salah satu dari beberapa pusat perbelanjaan dengan arsitektur tradisional yang ada di Tarakan. Aktivitas perdagangan dan jasa pelayanan sosial dilakukan melalui pusat-pusat perbelanjaan di wilayah Tarakan. Pasar Tenguyun sebagai salah satu dari sekian banyak pusat perbelanjaan letaknya sangat strategis dapat menimbulkan tarikan pergerakan seiring dengan meningkatnya sarana dan prasarana. Tujuan dari penelitian ini, selain mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi tarikan pergerakan adalah untuk mengklasifikasi karakteristik pengunjung dan menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh untuk mendapatkan model tarikan pergerakan pada pusat perbelanjaan Pasar Tenguyun. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yang diperoleh dari instansi- instansi terkait dan data primer yang didapat dari penyebaran kuesioner secara acak sebanyak 366 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisa regresi (analisa regresi sederhana dan regresi linear berganda). Variabel yang diukur adalah Intensitas Kunjungan (Y), Jarak dari Rumah ke pasar (X1), Biaya Transportasi ke Pasar (X2), Waktu Perjalanan ke Pasar (X3), Harga Barang Belanjaan (X4), Ketersediaan Jenis belanjaan (X5), Kelancaraan Lalu Lintas ke Pasar (X6), Kondisi Sirkulasi Lalu Lintas di Sekitar Pasar (X7), Tingkat kemudahan di Jangkau oleh kendaraan (X8). Data-data yang diperoleh dilakukan uji normalitas dan uji korelasi, kemudian dilakukan analisa regresinya untuk mendapatkan model persamaan. Dari hasil uji model diperoleh persamaan regresi untuk hari kerja model tarikan pengunjung Y = -0.231 + 0.229 X5 + 0.243X8. Sedangkan untuk hari libur dimana Y= 0.460 + 0.131X1 + 0.116X2 + 0.114X4 + 0.117X5 + 0.134X8.

The shopping center is one type of land use that have a large enough appeal for the public, because it is closely related to the process of fulfilling the daily needs. Tarakan tenguyun market town is one of several shopping centers with traditional architecture in tarakan. Trading activities and social services done through shopping centers in the region tarakan. Tenguyun market as one of the many shopping centers strategically located can cause traction movement by increasing infrastructure. The purpose of this research in addition to identifying the factors that influence the pull of the movement is to classify the characteristics of visitor and analyze the factors that influence to obtain the pull model in the shopping center market movement tenguyun. The data used in this research is secondary data obtained from related institutions and primary data obtained from questionnaires at random sample of 366 samples. The analytical method used is regression analysis (regression analysis simple and multiple linear regression). The variable that is measured is the intensity of visits (Y), distance from the house to the market (X1), transportation costs to market (X2), travel time to market (X3), the price of groceries (X4), availability of groceries (X5), smooth traffic to the market (X6), the condition of the traffic circulation around the market (X7), the level reached by the vehicle ease (X8). Data obtained normality test and correlation test, then do regression analysis to obtain the model equations. Of the test results obtained by regression models for weekday diners pull model Y = -0.231 + 0.229X5 + 0.243X8. Whereas for a holiday where Y = 0.460 + 0.131X1 + 0.116X2 + 0.114X4 + 0.117X5 + 0.134X8.

Detail Informasi