
Analisa Karakteristik Campuran Aspal Beton AC-WC Dengan Menggunakan Variasi Kadar Filler Bottom Ash
Pengarang : Linda Purnamasari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Di Indonesia banyak limbah dari pabrik yang belum dimanfaatkan secara maksimal yang akan menimbulkan masalah dalam pembuangannya, limbah tersebut juga dapat mencemari lingkungan. Pada penelitian ini akan digunakan limbah batu bara berupa bottom ash yang akan dimanfaatkan sebagai bahan pengisi (filler) pada campuran aspal beton (laston) yang diharapkan menambah daya tahan lapis perkerasan jalan laston pada kerusakan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik pada campuran aspal beton dengan bahan pengisi (filler) berupa bottom ash dengan variasi bahan pengisi sebesar 5%, 6%, 7%, 8% dan 9%. Penelitian ini dilakukan di laboratorium mulai dari persiapan material, pengujian agregat, pengujian aspal sampai menentukan kadar aspal optimum melalui pengujian Marshall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan pengisi (filler)bottom ash mempengaruhi karakteristik campuran aspal beton. Nilai stabilitas diperoleh seiring dengan banyaknya filler bottom ash yang digunakan akan mengalami kenaikan pada batas optimum dan kemudian mengalami penurunan. Nilai stabilitas tertinggi diperoleh pada kadar filler bottom ash 7% dengan nilai stabilitas sebesar 1361,8 kg. Nilai Kelelehan (flow) pada penelitian ini mengalami penurunan, seiring dengan bertambahnya filler bottom ash. Nilai kelelehan pada kondisi KAO adalah sebesar 3,9 mm. Sedangkan nilai MQ juga mengalami kenaikan, ini menunjukkan bahwa semakin besar nilai MQ, maka semakin kaku campuran tersebut. Nilai MQ pada kondisi KAO adalah sebesar 392,36 kg/mm. Dari penelitian ini juga didapatkan nilai Kadar Aspal Optimum yaitu pada kadar aspal 7% yang dipengaruhi oleh kadar filler bottom ash sebesar 7%.
In Indonesia, a lot of wastes from factories that have not use maximally can cause problem in the disposal, the waste also can pollute the environment. This research will use waste of coal that will be used as the filler in a mixture of asphalt concrete. That which expected to add the durability of the surface course of asphalt concrete from damage on the traffic. This study aimed to determine the effect on the characteristics of asphalt concrete mixtures with the addition of filler material in the form of bottom ash with variation 5%, 6%, 7%, 8% and 9% This research conducted in the laboratory and start from material preparation, aggregate test, asphalt test to determine optimum asphalt content through Marshall test. The result of this research shown that the addition of filler bottom ash will affect the characteristics of asphalt concrete mixture. The more use of bottom ash filler, can obtain stability value. In the content of filler bottom 7%, obtained the highest stability value 1361,8 kg. Flow value that gained in the research decreased with increasing level of filler bottom ash. Flow value at KAO condition about 3,9 mm. while, the value of Marshall Quotient also increased. It shows that when the value of MQ more highly in the mixture, so the mixture more rigid. MQ value in this condition amount 392,36 kg/mm. This research also found that the optimum of the asphalt content is in the 7% that is affected by the addition of filler bottom ash 7%.