An Analysis of Grammatical Errors in Descriptive Text of Seventh Graders of SMP Nasional Plus Indo-Tionghoa Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of An Analysis of Grammatical Errors in Descriptive Text of Seventh Graders of SMP Nasional Plus Indo-Tionghoa Tarakan

An Analysis of Grammatical Errors in Descriptive Text of Seventh Graders of SMP Nasional Plus Indo-Tionghoa Tarakan

Pengarang : Valeria Ina Kewa - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengidentifikasi dan mendeskripsikan tipe- tipe kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas tujuh SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan di dalam Descriptive text. (2) mengidentifikasi dan mendeskripsikan kesalahan jenis kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh siswa saat menulisakan descriptive text. Subyek penelitian ini adalah 32 siswa ditahun pembelajaran 2019/2020. Dalam mengumpulkan data, peneliti meminta siswa untuk menulis descriptive text dengan topik yang telah diberikan. Hasil menunjukkan bahwa terdapat 469 kesalahan yang ditemukan pada tulisan siswa yang dianalisis dengan menggunakan correction symbol by Oshima and Houge 2007:184. Ditemukan 57 kesalahan dalam tanda baca, 53 kesalahan penghilangan, 35 kesalahan huruf kapital, 37 kesalahan dalam kata kerja, 33 kesalhan penulisan subjek atau kata kerja, 50 kesalahan dalam penulisan ejaan, 22 kesalahan benda tunggal atau jamak, 58 kesalahan penambahan kata, 74 kesalahan dalam pemilihan kata, 21 kesalahan kata ganti referensi kepunyaan, 10 kesalahan pembentukan kalimat, 5 kesalahan dalam tanda penghubung dan 14 kesalahan peletakan attikel. Sementara itu, berdasarkan hasil anlisa kesalahan yang dilakukan siswa, terdapat 13 tipe. Dimana kesalahan terbanyak yang dilakukan adalah pemilihan kata dengan jumlah 74 kesalahan dengan persentase 16%. Kesimpulannya, kesalahan-kesalahan gramatika terjadi pada tulisan siswa kerena kurangnya pemahaman mahasiwa mengenai grammar dan pengaruh struktur bahasa dalam pembelajaran.

This research was conducted to (1) identify and describe the types of errors made by the seventh grade students of SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan in the descriptive text. (2) Identifying and describing the types of errors most students made when writing descriptive text. The subjects of this study were 32 students in the 2019/2020 learning year. In collecting data, the researcher asked students to write a descriptive text on a given topic. The results showed that there were 469 errors found in the students' writing which were analyzed using the correction symbol by Oshima and Houge 2007: 184. There were 57 errors in punctuation, 53 omission errors, 35 capital-case errors, 37 verb errors, 33 subject or verb errors, 50 spelling errors, 22 singular or plural noun errors, 58 word addition errors, 74 errors In word selection, 21 reference pronoun errors belong, 10 sentence formation errors, 5 hyphenation errors and 14 article placement errors. Meanwhile, based on the results of the student error analysis, there were 13 types. Where the most mistakes made were word selection with 74 errors with a percentage of 16%. In conclusion, grammatical errors occur in students 'writing due to students' lack of understanding of grammar and the influence of language structure in learning.

Detail Informasi