Analisis Kelayakan dan Strategi Pengembangan Usaha Ikan Teri Di Kota Tarakan (Studi Kasus Usaha Kembang Turi) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kelayakan dan Strategi Pengembangan Usaha Ikan Teri Di Kota Tarakan (Studi Kasus Usaha Kembang Turi)

Analisis Kelayakan dan Strategi Pengembangan Usaha Ikan Teri Di Kota Tarakan (Studi Kasus Usaha Kembang Turi)

Pengarang : Hardianti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2019
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kelayakan dan strategi yang digunakan dalam pengembangan usaha ikan teri di Kota Tarakan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah usaha Kembang Turi karena dalam penelitian ini menggunakan studi kasus, dan data penelitian ini menggunakan data primer. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa kelayakan finansial dilihat dari R/C Ratio sebesar 2,40, BCR (Benefit Rate of Return) sebesar 1,40, FRR (Financial Rate of Return) sebesar 65,11%, PPC (Payback Period of Capital) sebesar 1,54 dan BEP (Break Even Point) dasar harga unit sebanyak 118 unit dan dasar harga penjualan sebesar Rp.2.340.000. Berdasarkan kriteria kelayakan yang telah ditentukan dapat dikatakan bahwa usaha ikan teri di Kota Tarakan layak untuk di operasionalkan. Sedangkan tahap analisis yang dilakukan yaitu dengan melihat kondisi internal dan eksternal perusahaan dengan cara analisis situasi dengan kata lain yaitu analisis SWOT, dengan melalui tahapan IFAS (Internal trategic Factors Analysis Summary), EFAS (External Strategic Factors Analysis Summary), diagram SWOT dan matriks SWOT. Hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi yang digunakan yaitu strategi SO (Strenght- Opportunity).

Abstract This study aimed to determine the feasibility analysis and strategies used in the development of anchovy business in Tarakan City. This type of research is descriptive research using quantitative and qualitative approaches. The population and sample in this study were the Usaha Kembang Turi and this study used primary data. Based on the results of this study it is found that financial feasibility was seen from the R/C ratio of 2.40, BCR (Benefit Rate of Return) of 1.40, FRR (Financial Rate of Return) of 65.11%, PPC (Payback Period of Capital) of 1.54 and BEP (Break Even Point) of basic unit price were 118 units and the basic price of the sales was Rp.2,340,000. Based on the predetermined eligibility criteria, it could be said that the anchovy business in Tarakan City is feasible to operate. While the analysis phase was carried out by looking at the internal and external conditions of the company by means of situation analysis or SWOT analysis through IFAS (Internal Strategic Factors Analysis Summary), EFAS (External Strategic Factors Analysis Analysis), SWOT diagrams and SWOT matrices. The results of data analysis showed that the strategies used were the SO strategies (Strength-Opportunity).

Detail Informasi