Karakter Pendidik Pada Tokoh Pak Bin Dalam Novel Burlian Karya Tere Liye (Kajian Psikologi Sastra) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Karakter Pendidik Pada Tokoh Pak Bin Dalam Novel Burlian Karya Tere Liye (Kajian Psikologi Sastra)

Karakter Pendidik Pada Tokoh Pak Bin Dalam Novel Burlian Karya Tere Liye (Kajian Psikologi Sastra)

Pengarang : Suharia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Skripsi ini bertujuan mendeskripsikan Karakter Pendidik Pada Tokoh Pak Bin Dalam Novel Burlian Karya Tere Liye melalui Kajian Psikologi Sastra. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Burlian karya Tere Liye dengan jumlah halaman 339, diterbitkan oleh Republika, Jakarta, 2009. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik baca, simak dan catat, artinya peneliti membaca teks secara keseluruhan dan memahaminya serta pencatatan dengan cermat dan teliti. Data yang diambil adalah data yang berkaitan dengan indikator penelitian, yaitu karakter pendidik. Data kemudian dianalisis melalui beberapa langkah, yaitu mengidentifikasi, mengklasifikasi, setelah itu melakukan inferensi, yaitu membuat kesimpulan. Hasil Penelitian pada novel Burlian karya Tere Liye menunjukkan bahwa tokoh Pak Bin dalam cerita tersebut merupakan seorang guru yang memiliki karakter pendidik. Karakter pendidik dalam penelitian ini di klasifikasikan berdasarkan teori Wibowo dan Hamrin tentang empat kompetensi seorang pendidik. Kompetensi Pertama terdapat enam data, yaitu Kompetensi Pedagogik adalah kemampuan seorang pendidik dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Kedua terdapat delapan data, yaitu Kompetensi Profesional adalah kemampuan pendidik terhadap penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam. Ketiga terdapat sembilan data adalah Kompetensi Kepribadian, berupa kepribadian yang mantap, berwibawa sehingga dapat menjadikan teladan, ikhlas dalam mendidik. Keémpat terdapat delapan data yaitu, Kompetensi Sosial, adalah kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi, bergaul dan bekerjasama secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, sesama tenaga kependidikan, dengan orangtua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi