
Kemampuan Berpidato Siswa Kelas XII SMK Paguntaka Tarakan Dengan Metode Naskah
Pengarang : Putrieany - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Salah satu kemampuan berbahasa adalah berbicara. Kemampuan berbicara merupakan bahasa lisan yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpidato siswa kelas XII SMK Paguntaka Tarakan dengan metode naskah. Penelitian ini dilakukan selama 7 bulan, yang telah dilakukan pada bulan januari sampai dengan bulan juli 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan data berupa angka dan pencapaian kemampuan siswa dalam berpidato. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi SMK Paguntaka Tarakan, yang berjumlah 10 siswa terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui rekaman siswa saat melakukan berpidato. Berdasarkan analisis data bahwa pencapaian kemampuan berpidato siswa kelas XII SMK Paguntaka Tarakan dapat disimpulkan dengan hasil rata-rata kelas 84 dalam kriteria baik sekali dengan bobot A (80-100). Setelah dilakukan analisis pada nilai ketuntasan siswa, terdapat 9 siswa yang mencapai ketuntasan dan terdapat 1 siswa yang belum mencapai ketuntasan. Selain itu dapat dilihat setiap indikator penguasaan materi mendapat nilai 100 dengan persentase 5%, sama halnya dengan indikator keruntutan penyampaian gagasan mendapatkan nilai 100 dengan persentase 5%, untuk indikator ketepatan kata dan struktur kalimat mendapatkan nilai 68 dengan persentase 3,4%, untuk indikator lafa mendapat nilai 92 dengan persentase 4,6%, untuk indikator kelancaran mendapatkan nilai 78 dengan persentase 3,9%, untuk indikator sikap mendapatkan nilai 92 dengan persentase 4,6% dan indikator gerak-gerik dan mimik yang tepat mendapatkan nilai 60 dengan persentase 3%.
Tidak Tersedia Deskripsi