
Kemampuan Menulis Narasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan Dengan Media Film Di Timur Matahari
Pengarang : Yeyen Purwiyanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan dalam menulis narasi dengan media film Di Timur Matahari. Menulis narasi ini menarik untuk dilakukan karena menulis memberikan manfaaat untuk siswa, yaitu mempermudah dan meningkatkan siswa dalam kegiatan menulis karangan khususnya jenis narasi. Selain itu, memberikan inovasi media pembelajaran menulis khususnya jenis karangan narasi. Menulis merupakan alat komunikasi penulis untuk menyampaikan ide dan gagasannya. Metode yang digunakan adalah metodologi kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deksriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Alasan penulis menggunakan metode kualitatif untuk menyesuaikan diri, metode kualitatif lebih mudah apabila berhadapan dengan kenyataan di lapangan. Tujuh aspek yang dinilai dalam karangan narasi siswa, yaitu (1) kreativitas pengembangan tulisan, (2) kelengkapan informasi, (3) urutan peristiwa, (4) struktur alur, (5) pemilihan kata, (6) penulisan kalimat dan (7) penulisan ejaan. Data yang digunakan adalah karangan narasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan dengan media film Di Timur Matahari. Data yang didapatkan melalui pemutaran film ini, dapat menghasilkan sumber data berupa kata, klausa, frase dan kalimat yang terdapat pada karangan narasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Sebanyak 55 (lima puluh lima) karangan narasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan dengan media film Di Timur Matahari 51% siswa yang tuntas dan 49% siswa tidak tuntas. Berdasarkan hasil penilaian diperoleh kesimpulan dari ke tujuh aspek penilaian terdapat 1 (satu) aspek yang lemah diantara aspek yang lainnya. Siswa memiliki kelemahan dengan banyak ditemukan kesalahan dalam penulisan ejaan di dalam karangan narasinya.
Tidak Tersedia Deskripsi