Kemampuan Siswa Memahami Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi Kompleks Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas XI MIA SMAN 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemampuan Siswa Memahami Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi Kompleks Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas XI MIA SMAN 1 Tarakan

Kemampuan Siswa Memahami Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi Kompleks Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Kelas XI MIA SMAN 1 Tarakan

Pengarang : Jenny Eka Maryanty - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kemampuan siswa dalam memahami kaidah kebahasaan teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas XI MIA SMAN 1 Tarakan. Penelitian ini bertujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa memahami kaidah kebahasaan teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning kelas XI MIA SMAN 1 Tarakan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2015. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Yaitu, penelitian mengenai fakta-fakta yang ingin diketahui dengan menggunakan data berupa angka dan menggambarkan hasil pencapaian kemampuan siswa memahami kaidah kebahasaan teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian ini, jumlah siswa adalah sebanyak 29 orang siswa dan penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah populasi 29 orang siswa, yang terdiri dari 16 orang siswa perempuan, dan 13 orang siswa laki-laki. Berdasarkan rumusan masalah, hasil serta pembahasannya, maka dapat disimpulkan bahwa pecapaian kemampuan siswa memahami kaidah kebahasaan teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning kelas XI MIA SMAN 1 Tarakan adalah sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan penjelasan untuk soal pertama, yaitu mencari contoh istilah mendapat nilai 4 dengan persentase 100%, untuk soal kedua, yaitu mencari istilah asing mendapat nilai 3.68 dengan persentase 92%, untuk soal ketiga, yaitu mencari contoh hubungan sebab akibat dalam kalimat mendapat nilai 3.86 dengan persentase 96%, dan untuk soal keempat yaitu mengubah kalimat menjadi hubungan sebab akibat mendapat nilai 3.72 dengan persentase 93%. Sementara itu untuk perolehan nilai tertinggi dan terendah dalam tiap soal yang diamati dapat dijelaskan bahwa perolehan persentase tertinggi pada soal pertama, yaitu mencari contoh istilah mendapat nilai 4 dengan presentase 100%, dan perolehan persentase terendah adalah soal kedua, yaitu mencari contoh istilah asing mendapat nilai 3.68 dengan persentase 92%.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi