
Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Tarakan
Pengarang : Kukuh Rustiawan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengukur tingkat kemampuan menulis karangan eksposisi pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Tarakan. Penelitian ini dilakukan 7 hari, yang dilaksanakan pada bulan Mei 2015. Penelitian ini merupakan penelitian kelas, yaitu penelitian yang mencoba mewujudkan keingintahuan peneliti secara utuh mengenai apa yang terjadi di dalam kelas terhadap hasil karangan eksposisi pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Yaitu, penelitian mengenai fakta-fakta yang ingin diketahui dengan menggunakan data berupa angka dan menggambarkan hasil pencapaian kemampuan siswa dalam menulis karangan eksposisi. Sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian ini, jumlah siswa adalah sebanyak 32 siswa dan penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah populasi 32 siswa, yang terdiri 32 siswa laki-laki. Berdasarkan rumusan masalah di atas, hasil serta pembahasannya. Maka dapat disimpulkan bahwa pencapaian kemampuan menulis karangan eksposisi pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Tarakan adalah Baik. Hal ini dibuktikan dengan penjelasan untuk indikator pertama Sistematika Teks Eksposisi mendapat nilai 83,6 dengan persentase 84%, untuk indikator kedua Keakuratan Sumber Data/ Informasi mendapat nilai 82,8 dengan persentase 83%, untuk indikator ketiga Penggunaan Bahasa yang Baik dan Benar mendapat nilai 71,9 dengan persentase 72%, untuk indikator keempat Keakuratan Dalam Paragraf mendapatkan nilai 67,2 dengan persentase 67%, dan untuk indikator kelima Penarikan Kesimpulan mendapatkan nilai 74,3 dengan persentase 75%. Sementara itu untuk perolehan nilai tertinggi dan terendah dalam tiap indikator yang diamati dapat dijelaskan bahwa untuk indikator pertama hingga indikator kelima Penarikan Kesimpulan pada umumnya responden mendapat perolehan nilai persentase tertinggi yaitu 83% dengan nilai 82,8, sementara itu untuk indikator keempat Keakuratan Dalam Paragraf memperoleh persentase terendah yaitu 67% dengan nilai 67,2. Kemudian berdasarkan hasil perhitungan hasil penelitian kemampuan menulis karangan ekspsosisi pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Tarakan bahwa kemampuan menulis karangan eksposisi adalah baik, hal ini ditunjukan dengan perolehan nilai rata-rata kelas 75% pada kriteria baik dengan bobot B (66-79).
Tidak Tersedia Deskripsi