Meningkatkan Hasil Belajar Menyimak Berita Dengan Menggunakan Metode STAD Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Menyimak Berita Dengan Menggunakan Metode STAD Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Menyimak Berita Dengan Menggunakan Metode STAD Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Tarakan

Pengarang : Muli - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar keaktifan dan partisipasi siswa dalam pembelajaran menyimak berita di kelas VIII A SMP Muhammadiyah I Tarakan dengan jumlah 30 orang siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik dokumentasi, wawancara, evaluasi dan pengamatan. Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah kurangnya nilai hasil belajar siswa dalam menyimak berita sehingga siswa terkendala dalam menjawab soal yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimanakah meningkatkan hasil belajar menyimak berita dengan menggunakan pembelajaran kooperatif Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas VIII A di SMP Muhammadiyah 1 Tarakan dan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil siswa dalam menyimak berita pada siswa kelas VIII A di SMP Muhammadiyah 1 Tarakan. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) mempunyai pengaruh positif yaitu siswa lebih berani mengeluarkan pendapat di depan kelas, hubungan antara siswa dengan siswa yang lain dapat bekerjasama dalam kelompok, aktif, sehingga kondisi dalam proses mengajar dan belajar lebih menyenangkan dan materi yang disampaikan lebih cepat dimengerti oleh para siswa. Adanya nilai peningkatan yang terlihat berdasarkan 4 aspek aktivitas siswa yaitu : mengerjakan tugas, kerjasama dalam kelompok, berdiskusi saat membuat kesimpulan, dan aktif bertanya kepada guru. Rata-rata aktivitas siswa adalah 71,66 % dengan kategori baik pada siklus I, sedangkan pada siklus II rata-rata siswa adalah 87.49 % dengan kategori sangat baik atau mengalami peningkatan sebanyak 15.83 % yakni hasil dari (87.49 % - 71.66 %). Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyimak berita. Hal ini di terlihat pada nilai rata-rata setiap siklusnya yang mengalami peningkatan nilai rata-rata yaitu 66.67 pada siklus I dengan kategori cukup setelah melaksanakan penelitian lanjutan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 80 dengan kategori sangat baik, sehingga mencapai KKM sekolah yaitu 75. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode STAD hasil belajar siswa dalam memyimak berita kelas VIII SMP Muhammadiyah I Tarakan dikategorikan baik dan mengalami peningkatan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi