Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Berita Melalui Media LCD Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Palas Timur Tahun Pembelajaran 2012/2013 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Berita Melalui Media LCD Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Palas Timur Tahun Pembelajaran 2012/2013

Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Berita Melalui Media LCD Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Palas Timur Tahun Pembelajaran 2012/2013

Pengarang : Mahyuddin - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah kurang variatifnya mengajar guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, membaca teks berita yang dilakukan siswa masih seperti membaca teks biasa. Salah satu cara yang digunakan oleh penulis untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model dengan memanfaatkan media yaitu media LCD, dengan pertimbangan model tersebut menekankan pada latihan dan bimbingan yang intensif. Tujuan penelitian ini juga ingin meningkatkan minat, kemampuan siswa dalam membaca teks berita. Selain itu memperbaiki dan meningkatkan layanan pendidikan yang diselenggarakan di kelas guna meningkatkan kualitas program sekolah secara keseluruhan dan dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dan pelaksanaanya sesuai perubahan yang ingin dicapai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Palas Timur, semester genap, Tahun pembelajaran 2012/2013. Jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran sebanyak 19 siswa. Data yang diperoleh melalui pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung dengan pemberian tugas individu dan tes hasil belajar berupa penugasan membacakan teks berita di depan kelas. Analisis data dalam bentuk statistik deskriptif dalam bentuk rata-rata (mean). Hasil analisis data peningkatan rata-rata nilai belajar siswa setiap siklus, merupakan dari hasil kondisi awal yang peneliti peroleh sebelum siswa dikenai tindakan adalah rata-rata membaca teks berita yaitu 52.89. Dari kondisi awal yang diperoleh mengalami peningkatan dari 52.89 menjadi 70.78 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 79.21 pada siklus II yang merupakan siklus terakhir karena nilai hasil belajar membaca teks berita sudah mencapai ketuntasan yaitu 75.00. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa penerapan media pembelajaran melalui media LCD merupakan metode yang tepat untuk pelaksanaan pembelajaran membaca teks berita karena dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar bahasa sastra Indonesia khususnya pada aspek membaca teks berita.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi