
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Ajaran 2019/2020
Pengarang : Indra Gormaks Pauba - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pertama, Pengaruh model pembelajaran (Inside Outside Circle dan Konvensional) terhadap hasil belajar matematika siswa. Kedua, Pengaruh motivasi belajar siswa kategori tinggi dan rendah terhadap hasil belajar matematika siswa. Ketiga, Pengaruh interaksi antara model pembelajaran (Inside Outside Circle dan Konvensional) dengan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IX SMP Negeri 5 Tarakan. Penelitian ini dilaksakan pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020 di SMP Negeri 5 Tarakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain factorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 5 Tarakan. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-7 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika siswa dan tes angket motivasi belajar matematika siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dan inferensial. Teknik deskriptif meliputi rata-rata hitung dan simpangan baku. Teknik inferensial menggunakan analisis varians dua jalur. Berdasarkan hasil analasis dengan taraf signifikan 5% dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran (Inside Outside Circle dan Konvensional) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa dengan p-value 0,036. Motivasi belajar matematika siswa dengan kategori tinggi dan rendah berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa dengan p-value 0,000, dan tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran dengan motivasi belajar matematika siswa terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IX SMP Negeri 5 Tarakan dengan nilai p-value 0,222.
Kata Kunci: Inside Outside Circle (IOC), Hasil Belajar Matematika Siswa, Motivasi Belajar Siswa
This study aims to determine (1) the effect of Inside Outside Circle Model and Conventional on students’ mathematics achievement, (2) the effect of a high and low motivation on student learning achievement of mathematics, (3) the impact of the interaction between the Inside Outside Circle Model and Conventional with student’s learning motivation on mathematics achievement of IX student at SMP Negeri 5 Tarakan. This research was carried out on the second semester of academic year 2019/2020. This research is a 2 x 2 factorial design. The population was all ninth graders at SMP Negeri 5 Tarakan. Sampling was done by simple random sampling. The sample of this research was IX1 class as the experimental group and IX7 class as the control group. The data was collected using student’s mathematics test score and a learning motivation questionnaire. The data analysis include arithmetic mean and standard deviation. The inferential method used a two-way analysis of variance. The result showed that a significant level of 5%, it is indicated that the Inside Outside Circle and conventional have a effect on students mathematics learning achievement with a p-value of 0,036. Students’ motivation to learn mathematics with high and low categories has a impact on students’ mathematics learning outcomes with a p-value of 0,000, and there is no interaction between learning models of ninth graders at SMP Negeri 5 Tarakan with p-value 0,222. Keywords: Inside Outside Circle (IOC), Student’s Learning Achievement, Student’s Learning Motivation