Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Iklan Susu Kental Manis Melalui Media Televisi | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Iklan Susu Kental Manis Melalui Media Televisi

Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Iklan Susu Kental Manis Melalui Media Televisi

Pengarang : Hany Nur Fadhilah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2020
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Iklan Susu Kental Manis Melalui Media Televisi”. Judul ini membahas tentang isi dari Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Dengan iklan, memasarkan suatu produk lebih mudah menjangkau konsumen. Karena efektivitas iklan sangat besar guna meningkatkan penjualan. Produsen sebagai pelaku usaha mempunyai tugas dan kewajiban untuk ikut serta menciptakan dan menjaga iklim usaha yang sehat serta menunjang bagi pembangunan perekonomian nasional secara keseluruhan. Begitu juga dengan iklan produk susu kental manis yang mengklaim memiliki kandungan gizi setara dengan susu formula. Kelengkapan mengenai informasi produk yang benar, jelas dan lengkap merupakan hak bagi konsumen yang sudah diatur dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen guna menghindarkan konsumen dari gambaran yang keliru mengenai produk dan untuk menghindarkan konsumen dari kerugian baik itu kerugian materiil ataupun kerugian materiin akibat penggunaan produk tersebut. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipa penelitian yuridis normatif, yaitu mengacu pada norma-norma hukum yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan dan putusan-putusan pengadilan serta norma-norma hukum yang ada dalam masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan undang-undang (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Tanggung jawab pelaku usaha terhadap kerugian yang dialami konsumen, pelaku usaha dapat dimintai penggantian kerugian berupa pengembalian uang, penggantian barang dan/atau jasa yang setara dan sejenis nilainya, perawatan keseharan dan pemberian santunan yang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam pasal 28 menyebutkan bahwa undang-undangan ini menganut system pembuktian terbalik dimana beban pembuktian tersebut tidak dibebankan kepada konsumen melainkan pada pelaku usaha. Bentuk penyelesaian dan perlindungan hukum terhadap iklan susu kental manis yang disiarkan melalui media televise lainnya, ini ada 2, yaitu perlindungan hukum yang bersifat preventif dan represif

This thesis entitled "The Responsibility of Business Actors Against Sweetened Condensed Milk Advertising Through Television Media". This title discusses the contents of the Consumer Protection Act. With advertising, marketing a product is easier to reach consumers. Because the effectiveness of advertising is very large in order to increase sales. Producers as business actors have the duty and obligation to participate in creating and maintaining a healthy business climate as well as supporting the development of the national economy as a whole. Likewise with advertisements for sweetened condensed milk products that claim to have the same nutritional content as formula milk. Completeness of correct, clear and complete product information is a right for consumers that has been regulated in the Consumer Protection Law in order to prevent consumers from misrepresenting the product and to prevent consumers from losing both material loss or material loss as a result of using the product. The type of research used is normative juridical research, which refers to the legal norms contained in statutory regulations and court decisions as well as legal norms that exist in society. The approach used in this research is a statute approach and a conceptual approach. The business actor's responsibility for losses suffered by consumers, business actors can be asked for compensation in the form of refunds, replacement of goods and / or services of equal value and of similar value, daily care and provision of compensation in accordance with the provisions of the prevailing laws and regulations. Article 28 states that this law adopts a reversed proof system where the burden of proof is not borne by consumers but on business actors. There are 2 forms of legal settlement and protection for condensed milk advertisements broadcast through other television media, namely preventive and repressive legal protection

Detail Informasi