
Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Drama Melalui Teknik Latihan Terbimbing Siswa Pada Kelas VIII B Di MTs Negeri Tarakan
Pengarang : Nursadli - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kemampuan penulisan teks drama melalui teknik latihan terbimbing pada siswa kelas VIII B MTs Negeri Tarakan. Keunggulan teknik latihan terbimbing terhadap siswa memberi batasan sendiri terhadap kreativitas bahasa dialog antar tokoh, merancang tema, amanat, penokohan, dan latar cerita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari empat komponen, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasing), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran penulisan naskah drama dengan menggunakan teknik latihan terbimbing dapat meningkatkan kualitas keterampilan menulis teks drama siswa kelas VIII B di MTs Negeri Tarakan. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor dari hasil sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 6,13 setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I menjadi 6,45, dan setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II menjadi 7,40. Kenaikan skor rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus I sebesar 0,53. Peningkatan skor rata-rata mulai dari siklus I hingga siklus II sebesar 1,17. Berdasarkan perolehan skor di atas, dapat disimpulkan bahwa mulai dari awal sebelum tindakan hingga sesudah tindakan skor kemampuan penulisan teks naskah drama melalui teknik latihan terbimbing siswa telah mengalami peningkatan dari skor rendah pratindakan 6,13 skor siklus I yaitu 6,45 dan skor siklus II menjadi 7,40.
Tidak Tersedia Deskripsi