Pengaruh Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas VIII-A Di MTs Negeri Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas VIII-A Di MTs Negeri Tarakan

Pengaruh Kreativitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas VIII-A Di MTs Negeri Tarakan

Pengarang : Mariyani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode mind mapping. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Tarakan pada siswa kelas VIII-A yang berjumlah 32 siswa. Jenis penellitian adalah kuantitatif dengan metode penelitian bersifat pre-eksperimental design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes yang berupa tes objektif dan angket. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata skor kreativitas siswa adalah 3,97 dan rata-rata hasil belajar siswa adalah 76,25 dengan nilai tertinggi hasil belajar adalah 88 dan nilai terendah 56. Hasil penelitian tersebut kemudian dianalisis untuk menentukan pengaruh antara kreativitas dan hasil belajar. Diperoleh pengaruh positif antara kedua variabel tersebut dengan kategorikan “Baik” yakni r square sebesar 0,55 dengan taraf kontribusi kedua variabel sebesar 30%. Penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas siswa menggunakan metode mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di MTs Negeri Tarakan. Jika kreativitas siswa tinggi maka hasil belajar siswa juga akan tinggi dan sebaliknya jika kreativitas siswa rendah maka hasil belajar Bahasa Indonesia juga akan rendah.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi