
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Materi Menulis Laporan Ilmiah Sederhana Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw Bagi Siswa Kelas XII Keperawatan SMK Kesehatan Kaltara Tarakan Tahun Pembelajaran 2014/2015
Pengarang : Fenilia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw pada materi Menulis Laporan Ilmiah Sederhana di kelas XII Keperawatan SMK Kesehatan Kaltara Tarakan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 02 februari 2015 sampai dengan tanggal 14 februari 2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian yang menuntun peneliti untuk melakukan suatu hal yang diwujudkan dengan tindakan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Kelas XII Keperawatan SMK Kesehatan Kaltara Tarakan yang berjumlah 35 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi guru dan siswa dan tes penilaian hasil belajar. Setelah melakukan tindakan di dalam kelas XII Keperawatan, peneliti memperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran menulis laporan ilmiah sederhana dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Hal ini dapat dilihat dari nilai akhir tes hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 75 dan pada siklus II memperoleh rata-rata sebesar 86 sehingga persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 57%, kemudian meningkat menjadi 89% pada siklus II. Maka dalam penelitian ini peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 32%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menulis khususnya pada Menulis Laporan Ilmiah Sederhana di kelas XII Keperawatan SMK Kesehatan Kaltara Tarakan.
Tidak Tersedia Deskripsi