Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Menggunakan Media Audio Visual Film Dokumenter Si Bolang Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 5 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Menggunakan Media Audio Visual  Film Dokumenter Si Bolang Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 5 Tarakan

Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Pendek Menggunakan Media Audio Visual Film Dokumenter Si Bolang Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Anggara Prasetya - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2014/2015 dimulai tanggal 6 februari s/d 27 februari 2015, dengan subjek penelitian siswa kelas VII-1 SMP Negeri 5 Tarakan dengan jumlah siswa 35 orang. Objek dari penelitian ini adalah tentang materi menulis cerita pendek menggunakan media audio visual film dokumentr Si Bolang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kemampuan menulis cerita pendek menggunakan media audio visual film dokumenter Si Bolang. Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan penelitian yang dilakukan di dalam kelas yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Instrumen yang di gunakan penulis dalam penelitian ini adalah Observasi guru dan siswa, angket, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis cerita pendek telah mencapai indikator yang sudah ditetapkan yaitu 70% ketuntasan. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar pada siklus 1 sebesar 74 %. Kesimpulan yang di peroleh dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media audio visual film dokumenter Si Bolang, dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas VII - 1 SMP Negeri 5 Tarakan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Detail Informasi